Es Batu Bisa Kecilkan Pori, Benarkah? Ini Penjelasannya

  • Whatsapp
Ilustrasi Pori Wajah (FOTO: Pixabay)

SmartNews, Tapanuli – Adanya pori besar pada wajah menjadi masalah, baik bagi laki-laki maupun perempuan.

Karenya, ada banyak cara dilakukan orang untuk membuatnya agar terlihat lebih kecil. Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan memakai es batu. Benarkah?

Ternyata, sifatnya tidak bertahan lama dan akan kembali membesar kalau efek dinginnya sudah menghilang.

dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK mengatakan, air hangat dan es batu membantu dalam melebarkan dan mengecilkan pori. Namun hanya untuk sesaat saja.

Katanya, saat kulit terkena sesuatu yang dingin akan menggelembung dan merapat. “Es batu kalau digunakan saat itu juga tentu akan mengkerut dan kalau dipegang kayak tebal. Saat itu memang mengecil tapi efek jangka panjang tidak ada,” ujar dr. Dewi melansir Antara, Sabtu (17/10/2020).

“Air hangat itu untuk melebarkan, sedangkan air dingin itu mengkerut, sehingga kalau orang facial beberapa di uap panas, jadi pori-pori lebih membuka dan kalau dikasih es bisa menutup,” katanya.

dr. Dewi menerangkan, tidak ada benefit yang bisa didapatkan dari es batu untuk membantu mengecilkan pori. Sehingga yang harus dilakukan adalah dengan melakukan berbagai perawatan dan secara terus-menerus.

“Tidak ada benefit secara langsung. Ada benarnya, tapi mengenai manfaat tidak tepat,” ujarnya.

Lebih lanjut dr. Dewi mengatakan, bahwa pada prinsipnya ukuran pori-pori tidak bisa diubah, hanya tampilan di bagian luar atau wajah saja yang disiasati untuk tidak terlihat besar.

“Yang kita lihat adalah tampilan yang muncul, itu yang jadi masalah setiap orang. Jadi, saat kita melakukan perawatan, otomatis tampilan yang muncul pori-porinya rapat dan kulitnya tidak terbuka,” katanya.

“Tapi kalau dibilang tidak mengecil sama sekali tidak juga karena ada impact. Secara umum bukan pada ukuran tapi pada tampilan yang muncul. Kalau pori-pori mau kecil, bukan pori-porinya tapi tampilannya yang muncul,” dr. Dewi menambahkan. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *