Pemkab Dairi Gelar Festival Kopi Sidikalang

  • Whatsapp
Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu membuka secara resmi Festival Kopi Sidikalang ke-4 Tahun 2020, di Balai Budaya Sidikalang, Kabupaten Dairi, Jumat (11/12/2020).

SNT, Dairi – Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu membuka secara resmi Festival Kopi Sidikalang ke-4 Tahun 2020, di Balai Budaya Sidikalang, Kabupaten Dairi, Jumat (11/12/2020).

Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Dairi.

Bacaan Lainnya

Eddy Berutu dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu isu strategis prioritas pembangunan Kabupaten Dairi adalah mewujudkan Agri Unggul yaitu dengan mengembangkan pengelolaan pertanian yang cerdas dan berbasis teknologi.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan kembali kejayaan Kopi Sidikalang dan memberikan pemahaman, meningkatkan kemampuan serta membantu para IKM/ UKM untuk meningkatkan daya saing usaha di Kabupaten Dairi,” katanya.

“Kita berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mengembangkan inovasi, desain dan diversifikasi produk IKM yang ada di Kabupaten Dairi agar mampu bersaing pada pasar ekspor dan membantu para industri supaya petani kopi dapat mempromosikan produknya kepada masyarakat,” sambung Bupati Dairi.

Ketua BPD Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) Sumut, Saidul Alam mengatakan sudah mengikuti Festival Kopi Sidikalang sebanyak 4 kali.

Dia mengakui, setiap tahun Festival Kopi Sidikalang menjadi jaya dan semakin baik setiap tahunnya. “Maka itu kita percaya Kopi Sidikalang adalah Kopi Legenda Indonesia. Kami yakin kejayaan kopi akan berkibar lagi hingga saat ini, kami bekerjasama dengan Dairi melalui karang taruna,” ujarnya.

Usai pembukaan festival, Eddy Keleng Ate Berutu didampingi Ketua PKK Ny. Romy Mariani Eddy Berutu melakukan kunjungan ke Stand-stand IKM peserta festival.

Festival Kopi Sidikalang yang ke-4 Tahun 2020 ini berlangsung dengan meriah dengan tetap menjalankan protokol kesehatan (Prokes), dimasa pandemi COVID-19.

Penyelenggaraan Festival Kopi Sidikalang dirangkai dengan kompetisi Kopi Green Bean Arabica dan Robusta, Lomba Cupping Fun, Manual Brewing V60, Contes Baristra, Virtual Review dan Webinar potensi Kopi Sidikalang.

Para peserta berasal dari kalangan petani (Kelompok Tani), Eksportir Kopi, IKM, Coffee Shop/Café, komunitas kopi, lembaga penelitian dan pelaku usaha kopi. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *