Bantu Ribuan Petenun Ulos, Ketua Dekranasda Taput Minta Tingkatkan Kualitas

  • Whatsapp
Ketua Dewan Kerajinan daerah Kabupaten Taput, Sumatra Utara (Sumut), Satika Simamora menyerahkan bantuan benang kepada 1.565 petenun ulos.

SNT, Tarutung – Ketua Dewan Kerajinan daerah Kabupaten Taput, Sumatra Utara (Sumut), Satika Simamora menyerahkan bantuan benang kepada 1.565 petenun ulos.

Penyerahan bantuan tersebut dilaksanakan di Gedung Kesenian Sopo Partungkoan, Tarutung, Senin (14/12/2020) didampingi Wakil Ketua, Marsaulina Lumbantobing.

Bacaan Lainnya

Sebanyak 210 orang perwakilan petenun berasal dari 3 kecamatan yaitu Tarutung, Siatas Barita dan Sipoholon yang hadir pada kesempatan tersebut menerima bantuan masing-masing 1 Kg benang.

“Kebanggaan tersendiri bahwa ulos tenun karya Tapanuli Utara benar-benar dengan kualitas terbaik, dan akan dihargai dengan nilai terbaik juga. Karya tenun ulos kita sangat membanggakan karena layak dipertandingkan,” ujar Satika dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu, ia minta petenun agar menciptakan tenunan ulos dengan kualitas terbaik dan nyaman, agar meraih kepercayaan para konsumen.

“Mari kembangkan kreatifitas, terus gali pengetahuan salah satunya adalah menggunakan pewarna alam karena lebih murah, sehat dan nyaman,” pinta Satika.

“Mari kita kurangi menggunakan kimia. Tetap pikirkan kesehatan jangka panjang, usaha UKM ini harus penuh dengan perencanaan matang,” sambun Ketua Dekranasda Taput itu.

Istri Bupati Taput, Nikson Nababan itu juga berpesan agar para petenun turut mempromosikan tenun ulos dan juga mendoakan Pemerintah Pusat hingga Daerah agar semakin bijaksana dalam memimpin.

“Petenun juga harus turut mempromosikan tenun ulos, mulai dari diri kita masing-masing. Mari kita semua bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas bantuan ini, semoga usaha kita semua semakin maju, yakinlah bahwa Bapak Bupati bersama Dekranasda akan selalu berupaya membangkitkan UKM tenun ulos, untuk itu semua harus lebih giat berusaha,” tuturnya.

“Walaupun pada kesempatan ini masih 1.565 penenun yang mendapat bantuan benang ini, kita akan tetap perjuangkan agar penenun lain juga akan menerima bantuan pada kesempatan lainnya. Harus tetap semangat hingga pandemi ini dapat kita lalui dengan sehat sekaligus tetap menjaga protokol kesehatan dan juga meningkatkan immun tubuh,” Satika Simamora menambahkan. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *