Brimob Sumut Bantu Korban Puting Beliung di Tapanuli Utara

  • Whatsapp
Brimob Polda Sumut Dikerahkan Bantu Korban Puting Beliung di Kabupaten Tapanuli Utara. (FOTO: dok_buea)

SNT, Taput – Sebanyak 30 personel Satuan Brimob Polda Sumut dikerahkan membantu para korban puting beliung di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatra Utara, Selasa (9/3/2021).

Komandan Kompi (Danki) Brimob Detasemen C Padangsidimpuan, AKP Rudi Hartono Siagian mengungkapkan kesiapan pihaknya untuk membantu.

Bacaan Lainnya

“Ini sebagai bentuk empati kita terhadap korban bencana angin puting beliung. Setelah kita mengetahui adanya bencana puting beliung, kita kerahkan sebanyak 30 personil,” ujarnya.

Rudi Hartono menjelaskan, kehadiran mereka atas perintah Kapolda Sumut melalui Dansat Brimob Sumut.

“Pukul 9 malam kami langsung berangkat dari Sipirok dan sampai di Tarutung jam 1 dini hari,” jelas AKP Rudi.

Personel Brimob kemudian disebar ke lokasi terdampak termasuk di Desa Parbubu Pea, Kecamatan Tarutung. “Para personil turun membantu warga dalam proses pemulihan bangunan rumah yang rusak. Mengumpulkan atap seng dan kayu yang masih bisa digunakan serta membersihkan jalan desa yang tertutup akibat pohon tumbang,” ujar Rudi.

Dia mengatakan, kehadiran personel Brimob di Taput tergantung kebutuhan kewilayahan. “Artinya sepanjang tenaga mereka masih dibutuhkan oleh Polres Taput untuk membantu warga. Seluruh personil siap bekerja membantu pemulihan sebagai bentuk dukungan motivasi kepada korban,” tegasnya.

Pantauan di lapangan, selain personil Brimob Sumut, personil TNI dari Kodim 0210 TU dan Polres Taput juga turun membantu pemulihan bangunan rumah yang rusak akibat hantaman puting beliung.

Korban Puting Beliung Menjemur Pakaian dan Perabot Rumah Pascaputing Beliung. (FOTO: dok_buea)

Di lokasi, warga juga terlihat mulai membenahi rumah mereka yang rusak, serta menjemur pakaian, perabotan.

Berdasar informasidari BPBD dan Polres Taput, ada puluhan rumah mengalami rusak parah dan ringan di beberapa lokasi. Kejadiannya Senin sore (8/3/2021) sekitar pukul 15.00 WIB. (buea)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *