Parit Penyebab Banjir Medan Belum Selesai Diperbaiki, Sempat Dicek Bobby

  • Whatsapp
Sempat dicek Bobby, parit penyebab banjir Medan belum selesai diperbaiki
Sempat dicek Bobby, parit penyebab banjir Medan belum selesai diperbaiki (Foto: dok_dtc)

SNT, Medan – Parit tersumbat yang membuat banjir di Medan masih dalam proses perbaikan. Normalisasi parit yang terletak di Jalan Jahe Raya, depan Pajak Jahe, Perumnas Simalingkar, Kecamatan Medan Tuntungan, dilakukan setelah Wali Kota Medan Bobby Nasution memberi perintah.

Tutupan parit yang dibuat permanen oleh masyarakat dibongkar. Salah satu warga setempat, Tarigan, menilai perbaikan ini berdampak positif karena ketika hujan sudah tidak muncul banjir lagi.

“Tanggapan kami warga cukup bagus. Nggak (banjir). Sudah lancar (mengalirnya),” kata Tarigan, Sabtu (10/4/2021).

Baca Juga: Panggil Pimpinan OPD Pemkot Medan, Bobby: Kepala Dinas yang Tak Bisa Bekerja Akan Dicopot

Dia berharap perbaikan parit itu cepat selesai dikerjakan. Petugas ia minta agar fokus mengerjakannya.

“Cuma kalau memang mau dikerjakan, cepat selesai, kan begitu. Jangan terbengkalai, dua jam datang (petugas) ke sini pulang. Jadi kan agak kecewa warga lihat pekerjaan orang ini,” celetuk Tarigan.

Saat ini tampak parit telah dibersihkan dari sampah. Namun kondisi dinding parit masih berantakan.

Baca Juga: Diperintah Bobby, Parit Tumpat Bikin Banjir di Medan Diperbaiki

Terpisah, Camat Medan Tuntungan Topan Ginting menanggapi soal belum selesainya perbaikan parit tersebut secara total. Topan mengatakan material untuk perbaikan keseluruhan sedang dalam proses pengadaan.

“Sudah disampaikan oleh Kadis PU bahwa saat ini aspal dan ready mix dalam proses pengadaan. Jadi akan dilaksanakan setelah proses pengadaan selesai,” katanya.

Sebelumnya, Bobby Nasution mengecek banjir setelah menutup MTQ ke-54 Kota Medan. Bobby datang ke lokasi banjir bersama istrinya, Kahiyang Ayu.

“Di Jalan Jahe Raya, depan Pajak Jahe, Perumnas Simalingkar,” kata Camat Medan Tuntungan Topan Ginting, Selasa (23/3/2021).

Baca Juga: Didampingi Putri Jokowi, Bobby Nasution Tepati Janji Bedah Rumah Nek Sarifah

Topan menjelaskan, Bobby awalnya hadir dalam acara penutupan MTQ, kemudian mendapat laporan ada banjir setelah hujan deras mengguyur. Setelah itu, Bobby dan Kahiyang menuju lokasi banjir.

“Jadi tadi, setelah menutup acara MTQ Kota Medan, karena mendapat laporan dari saya, secara spontanitas (Pak Wali Kota) melakukan kunjungan ke Jalan Jahe Raya (depan pajak Simalingkar). Ada sekitar 15 rumah warga yang kemasukan air sekitar 50 cm,” kata Topan.

Baca Juga: Jadi Wali Kota, Gibran dan Bobby Nasution Tetap Akan Dikawal Paspampres

Dia menyebut banjir di lokasi itu terjadi karena drainase tersumbat. Dia juga menyebut endapan di parit sekitar lokasi itu sudah terlalu tinggi.

“Permasalahan yang ditemukan ada saluran drainase yang tersumbat oleh batang kayu dan tingginya sedimentasi akibat parit disepanjang Jalan Jahe Raya ditutup oleh warga,” tutur Topan.

Baca Juga: Relawan Bobby Nasution Gerak Cepat Tanggapi Keluhan Warga Medan

Keesokan harinya, petugas pun langsung mengerjakan perintah Bobby. Petugas dibantu dengan alat berat membersihkan parit di sepanjang Jalan Jahe Raya. (dtc)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *