Manfaat Kunyit untuk Jerawat dan Cara Penggunaannya

  • Whatsapp
Manfaat Kunyit untuk Jerawat. (Foto: alodokter)
Manfaat Kunyit untuk Jerawat. (Foto: alodokter)

SNT – Khasiat kunyit untuk jerawat patut untuk Anda coba. Namun, penggunaan kunyit untuk mengatasi jerawat perlu dilakukan secara hati-hati, agar terhindar dari reaksi alergi maupun iritasi.

Kunyit dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk mengatasi jerawat, karena ada beberapa kandungan dalam rempah ini yang terbukti efektif dalam memerangi jerawat.

Cara mendapatkan manfaat kunyit untuk jerawat juga tidak sulit. Anda dapat menggunakan produk kecantikan yang mengandung kunyit, atau meraciknya sendiri di rumah.

Berikut ini manfaat kunyit untuk jerawat

Kunyit dapat membantu mengatasi jerawat, karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan kurkumin dalam kunyit mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Bahkan, efektivitasnya dalam memerangi bakteri penyebab jerawat diklaim lebih baik daripada obat jerawat yang mengandung asam azelaic.

Dalam kunyit juga terkandung zat antiinflamasi yang bisa membantu mengurangi peradangan pada jerawat, sehingga penggunaannya diyakini dapat membuat jerawat lebih cepat untuk sembuh.

Tidak hanya itu saja, noda bekas jerawat yang mengganggu penampilan juga bisa ikut teratasi. Pasalnya, kunyit mampu membantu memudarkan noda bekas jerawat, meskipun hal ini masih perlu untuk diteliti lebih lanjut.

Cara memanfaatkan kunyit untuk jerawat

Untuk mendapatkan manfaat kuyit untuk jerawat, cara termudahnya adalah dengan memasukkan bumbu dapur ini ke dalam makanan atau minuman yang akan Anda konsumsi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan produk kecantikan yang mengandung kunyit.

Apabila masih merasa kurang afdal karena tidak mengoleskan kunyit langsung ke wajah, Anda bisa membuat masker kunyit sendiri di rumah.

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan bubuk kunyit, madu, dan air hangat secukupnya ke dalam mangkuk. Kemudian, aduk hingga ketiganya tercampur rata dan membentuk pasta.

Setelah itu, oleskan ke kulit yang berjerawat dan diamkan hingga 10 menit. Bilas dengan air hangat, keringkan, dan lanjutkan dengan perawatan kulit lainnya, seperti menggunakan toner, serum, pelembap, atau tabir surya.

Pahami efek samping penggunaan kunyit untuk jerawat

Meski penggunaan kunyit untuk mengatasi jerawat diklaim aman, Anda tetap harus hati-hati dalam menggunakannya. Pasalnya, bumbu dapur ini juga dapat memicu reaksi alergi saat dioleskan ke kulit.

Maka dari itu, sebelum mengoleskan masker kunyit ke kulit wajah, Anda disarankan untuk melakukan uji tempel terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengoleskan masker kunyit ke siku bagian dalam, lalu diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

Lihat reaksi yang muncul. Kalau muncul iritasi, ruam, atau kemerahan di kulit dalam waktu 24 jam setelah diolesi kunyit, sebaiknya jangan gunakan masker kunyit ke kulit wajah, karena ada kemungkinan Anda alergi terhadap kunyit.

Itulah manfaat kunyit untuk jerawat beserta cara penggunaannya. Jika Anda sudah menggunakan kunyit sebagai obat jerawat tapi jerawat tak kunjung membaik atau malah semakin meradang, sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit.

Dokter kulit akan memberikan pengobatan yang sesuai dengan keluhan dan kondisi kulit Anda. (alodokter/snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *