Rumah Sakit Nyaris Penuh di Mana-mana, Inikah Penyebabnya?

Foto: ANTARA FOTO/YUSUF NUGROHO
Foto: ANTARA FOTO/YUSUF NUGROHO.

SNT – Kondisi keterisian rumah sakit pasien COVID-19 mulai mengkhawatirkan. Sekjen Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia (PERSI), Partakusuma, mengatakan rumah sakit perawatan pasien Corona sudah mulai penuh.

“Kondisi rumah sakit sudah nyaris penuh terutama di Jawa. Kalau pasien ringan, kami akan menganjurkan untuk isolasi mandiri tapi tetap terpantau,” kata Lia dalam konferensi pers, Minggu (20/6/2021).

Lia juga mengatakan kenaikan tingkat keterisian tempat tidur ini dilatarbelakangi dengan banyaknya pasien Corona yang datang sudah dalam kondisi gejala berat.

“Beberapa provinsi melaporkan banyak pasien yang datang dalam kondisi sudah buruk dan bahkan meninggal dunia. Ini dikhawatirkan karena adanya perubahan variasi dalam virus tersebut,” ujarnya.

Lia menyadari kondisi ini berdampak pada pelayanan kepada pasien. Meski sudah dilakukan upaya pemindahan pasien, logistik, serta penambahan kapasitas di rumah sakit, lonjakan pasien di rumah sakit tetap tak terbendung.

Dia juga meminta agar masyarakat sedikit menahan diri untuk tidak langsung ke rumah sakit dan datang ke puskesmas terlebih dahulu.

“Bila RS penuh, mohon bersabar dan tidak panik untuk mendapat rujkan dan bersedia dirujuk,” Lia menambahkan. (dtc/snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *