Bupati Serdang Bedagai Studi Tiru ke Tapanuli Utara

  • Whatsapp
Sekda Taput Indra Simaremare dan Bupati Serdang Bedagai Haji Darma Wijaya (Foto: dok/istimewa)
Sekda Taput Indra Simaremare dan Bupati Serdang Bedagai Haji Darma Wijaya (Foto: dok/istimewa)

SNT, Taput – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Indra Simaremare, bersama Ketua Komisi A DPRD, Ombun Simanjuntak didampingi para Staf Ahli dan Asisten menyambut kedatangan Bupati Serdang Bedagai Haji Darma Wijaya, dan rombongan.

Kunjungan ini merupakan Studi Tiru mengenai terobosan yang telah dilakukan Kabupaten Taput mengenai Data Desa Presisi bekerjasama dengan Tim IPB. Pertemuan dilangsungkan di Aula Martua Kantor Bupati Taput, di Taruutng, Selasa (13/7/2021).

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan ini, Indra Simaremare menyampaikan, bahwa program pembangunan di segala lini kehidupan akan menjadi tepat guna, tepat sasaran, akuntabel dan transparan apabila didukung oleh basis data yang terpercaya dan dapat dipertanggung jawabkan.

“Data desa presisi memiliki tingkat akurasi dan ketepatan yang tinggi untuk memberikan gambaran kondisi aktual desa yang sesungguhnya. Kemudian data ini di ambil, divalidasi, dan diverifikasi oleh pemerintah desa dan perangkat desa,” katanya mewakili Bupati Taput, Nikson Nababan.

“Data desa presisi ini merupakan inovasi yang kedepannya akan mengakhiri polemik data, sehingga dengan adanya data desa presisi diharapkan penyaluran bantuan makin tepat sasaran. Informasi mengenai jumlah keluarga, jumlah penduduk akan benar-benar sesuai dengan realitas di lapangan,” paparnya.

Dalam sambutannya, Bupati Serdang Bedagai Haji Darma Wijaya sangat mengapresiasi atas pencapaian data desa presisi di Kabupaten Tapanuli Utara.

“Semoga dengan studi tiru ini dapat bermanfaat bagi kami Kabupaten Serdang Bedagai. Kalau desanya maju pasti kabupatennya juga ikut maju. Itu salah satu kunci keberhasilan pembangunan di sebuah kabupaten,” kata Darma Wijaya.

Darma Wijaya juga menyampaikan situasi geografis di Kabupaten Serdang Bedagai, baik dari sisi perkebunan, pertanian dan peternakan.

“Kedatangan kami adalah untuk melakukan studi tiru atas desa presisi yang akan kami terapkan di Kabupaten Serdang Bedagai. Semoga nantinya dapat kami terapkan bagi 237 desa di daerah kami,” ujarnya.

Sekda Taput Indra Simaremare dan Bupati Serdang Bedagai Haji Darma Wijaya (Foto: dok/istimewa)

Kepala Bappeda Taput Luhut Aritonang dalam paparannya juga menyampaikan kriteria bagimana setiap desa untuk pencapaian data desa presisi.

“Langkah-langkah yang perlu di lakukan atas syarat sebagai desa presisi. Bagaimana menyakinkan masyarakat untuk membutuhkan data-data yang valid sebagai salah satu syarat pencapaian desa presisi. Kami juga melakukan pendekatan, sosialisasi, pelatihan dan rapat agar terwujud data desa presisi,” katanya.

Usai penyampaian paparan, dilanjutkan sesi tanya jawab dan diskusi mengenai data presisi. (ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *