Heboh Foto Setya Novanto Bawa HP di Lapas Beredar

  • Whatsapp
Beredar foto Setya Novanti membawa HP di Lapas Sukamiskin. (Foto beredar/istimewa)
Beredar foto Setya Novanti membawa HP di Lapas Sukamiskin. (Foto beredar/istimewa)

SNT – Mantan Ketua DPR Setya Novanto, yang kini mendekam di Lapas Sukamiskin, bikin heboh setelah foto dengan handphone di depannya beredar.

Mengenai hal itu, Kalapas Sukamiskin Elly Yuzar mengatakan Novanto telah memberi peringatan.

“Yang bersangkutan sudah dipanggil dan diperingatkan tentang pelanggaran tata tertib tersebut,” kata Yuzar saat dihubungi, Sabtu (17/7/2021).

Dia mengatakan foto yang menunjukkan Novanto dan sejumlah narapidana lain tengah duduk di depan meja makan itu diambil saat Idul Adha tahun lalu.

Selain Novanto, ada seorang lainnya yang sedang memegang ponsel di foto itu. “Setelah kami cross-check beberapa foto yang masuk, kondisi tersebut suasana saat Idul Adha, beberapa foto terlihat sedang memanggang daging sapi,” kata Yuzar.

Namun dia tidak menjelaskan detail dari mana Novanto mendapat ponsel tersebut. Menurutnya, narapidana tidak diizinkan membawa ponsel. “Terkait HP, itu adalah pelanggaran tata tertib di lapas dan segera kami tindak lanjuti,” kata dia.

Ditjen Pemasyarakatan (Pas) Kemenkumham juga turun tangan mengusut hal tersebut. Ditjen Pas bakal menyelidiki dari mana ponsel yang ada di depan Novanto itu.

“Kalau handphone jelas nggak boleh. Ya kalau mau foto kan bisa siapa saja, itu memang lagi dicek dulu ya. Kalau memang teman-teman media ingin tahu kan, foto kan bisa siapa saja yang foto,” kata Kabag Humas dan Publikasi Ditjen Pas Rika Aprianti.

Setya Novanto divonis bersalah dalam kasus korupsi e-KTP dan dihukum 15 tahun penjara, denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan, pencabutan hak politik selama 5 tahun, serta wajib membayar uang pengganti USD 7,3 juta.

Setelah dieksekusi ke Lapas Sukamiskin, Novanto sempat beberapa kali membuat heboh, mulai sel mewah sampai pelesiran keluar dari lapas. Novanto juga pernah dipindah ke Rutan Gunung Sindur gara-gara bikin ulah di Lapas Sukamiskin. (dtc/snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *