Sibolga Creative Expo 21, Berkreasi Untuk Indonesia & Selaras Dengan Visi Wali Kota

  • Whatsapp
Foto: dok/istimewa
Foto: dok/istimewa

SNT – Forum Komunitas Kreatif (FKK) Sibolga-Tapteng Launching ‘Sibolga Creative Expo 2021’ di Terminal Penumpang Pelindo I Sibolga, pada Sabtu (11/9/2021) kemarin, diresmikan secara virtual oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, disaksikan Dirut Pelindo I, Prasetyo.

Ketua Panitia, Yogi Azhari menjelaskan bahwa ‘Sibolga Creative Expo 2021’ merupakan kegiatan pertama di Kota Sibolga yang secara spesifik mendorong geliat Industri Kreatif di Sibolga-Tapteng.

Bacaan Lainnya

Dijelaskan, acara ini dikemas dalam bentuk pameran virtual dalam beberapa rangkaian yaitu Webinar Keprofesian (28/7-3/8), Cerdas Cermat Kebudayaan (12 Agustus), Syuting Talent, dan Tenant sub sektor Industri Kreatif (16-29 Agustus) serta Talkshow Duduk Samo Dusanak (30 Agustus) hingga puncak acara Launching Website Sibolga Creative Expo.

“Acara ini mengambil tema Sibolga Berkreasi Untuk Indonesia tujuannya selaras dengan visi Wali Kota Sibolga, yaitu Sibolga Sehat, Pintar dan Makmur, dengan harapan kian bertumbuhnya pola pikir yang modern bagi masyarakat dan menciptakan ekosistem industri kreatif dalam persaingan usaha yang hebat dan sehat seiring meningkatnya partisipasi, rasa kepedulian dan kebanggaan dari masyarakat Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah terhadap industri dan produk kreatifnya sendiri,” ujar Yogi Azhari.

Ketua Forum Komunitas Kreatif (FKK) Sibolga-Tapteng, Alma Tegar Nasution menambahkan, acara Sibolga Creative Expo 2021 adalah usaha adaptif bagi generasi muda dalam berkarya meskipun berketerbatasan karena pandemi Covid-19.

“Seiring kemajuan tekhnologi dan informasi, kreatifitas dalam bentuk sajian konten digital kian diminati dan digemari, dorongan itu pula yang menjadi landasan digelarnya Launching Sibolga Creative Expo Virtual yang dirilis resmi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini,” ujarnya.

“Kita berharap event ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat khususnya para pelaku Industri Kreatif sebagai upaya melajukan gerak tumbuh ekonomi di Sibolga dan Tapanuli Tengah,” tambah Alma.

Pameran Virtual yang menyajikan panorama Gedung Terminal Penumpang Pelindo I ini sebagai venue acara berisikan beragam konten dalam bentuk video terkait dunia Industri Kreatif Sibolga-Tapteng.

Penampilan bakat muda dalam tarian, musik dan lagu serta ragam informasi terkait profil daerah dan rangkaian acara Sibolga Creative Expo 2021. Para pengunjung bisa mengakses situs yang disediakan untuk mengikuti pameran ini di website Forum Komunitas Kreatif Sibolga-Tapteng melalui tautan berikut: fkksibolgatapteng.com/sce-2021.

Sementara acara puncak Sibolga Creative Expo 2021 dibagi dalam 2 (dua) sesi yaitu, Seremonial dan Talkshow Duduk Samo Dusanak, yang hadir sebagai agenda penutup dengan topik pembahasan ”Peluang Enterprenuer Muda dan Pengembangan Ekosistem Industri Kreatif”.

Acara ini diselenggarakan dalam dua metode yakni langsung dan zoom dipandu Moderator Susan Hutabarat, Purna Duta Wisata Tapteng 2016 dengan narasumber yang kompeten dibidangnya Dr. Muhammad Amin, Direktur Industri Musik, Film dan Animasi Kemenparekraf, Prasetyo Dirut Pelindo I, Aswin Kosotali, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sibolga dan Yukka Harlanda, ST (CEO Brodo) owner sepatu nasional asal Bandung.

Acara ini dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 yang ketat, dan menyesuaikan dengan aplikasi Peduli Lindungi Kementerian Kesehatan RI.

Sekilas tentang Forum Komunitas Kreatif Sibolga-Tapteng

Forum ini merupakan wadah kolaboratif dari berbagai komunitas kepemudaan yang bertujuan untuk menciptakan karya-karya seni budaya termasuk kegiatan-kegiatan yang baik dan menarik.

FKK Sibolga-Tapteng adalah komunitas/organisasi yang mandiri, produktif dalam berkarya dan mitra fasilitator bagi berbagai komunitas untuk maju dan berkembang. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *