Awalnya Bakar-bakar Sampah, Perbukitan di Sibolga Terbakar

  • Whatsapp

SNT,Sibolga – Lahan perbukitan yang ditumbuhi pepohonan dan semak belukar di perbukitan Kelurahan Aek Parombunan, Lk IV Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), terbakar, Selasa (5/4/2022).

Kapolres Sibolga, AKBP Taryono Raharja melalui Kasi Humas, AKP R Sormin mengatakan berdasarkan keterangan saksi Sarmaida boru Panggabean, awalnya ia membakar sampah di samping rumahnya, sekira pukul 16.45 WIB

Bacaan Lainnya

“Kemudian tidak lama berselang, api bakaran sampah tersebut tertiup angin ke arah perbukitan yang ditumbuhi pepohonan dan semak belukar yang berada tepat di sekitar rumah saksi. Selanjutnya api merambat dengan cepat ke sekitar perbukitan tersebut sehingga membakar lahan perbukitan dengan luas sekitar 1.000 meter persegi,” terang Sormin, Selasa malam.

Untuk memadamkan api, sekira pukul 17.30 WIB, Damkar Sibolga dibantu oleh personel Polres Sibolga dan masyarakat sekitar melakukan upaya pemadaman api dengan mengerahkan 3 unit mobil Damkar.

“Sehingga api dapat dengan cepat dipadamkan. Selanjutnya sekira pukul 18.00 WIB, Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja, didampingi Kabag Ops Polres Sibolga Kompol Jono Sirait dan Kapolsek Sibolga Selatan AKP Bremer Hulu meninjau langsung lokasi kebakaran tersebut,” ujar Sormin.

Dalam peristiwa kebakaran tersebut, lanjut Sormin tidak ditemukan adanya korban jiwa, serta tidak ada kerugian materil.

“Imbauan dari Polres Sibolga pada masyarakat dalam musim kemarau yang panjang ini agar tidak membakar sampah apalagi di lahan perbukitan, dan bila ada masyarakat yang melakukan pembakaran sampah di kebun perbukitan agar dipantau dan bila hendak meninggalkan lokasi kebun pastikan pada bakaran yang dilakukan agar api benar benar sudah padam agar tidak terjadi kebakaran yang akibatnya merugikan kita,” imbau Sormin. (snt/ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *