Kebakaran Hutan di Tapsel, Polisi dan TNI Berjibaku Padamkan Api

  • Whatsapp

SNT, Tapsel – Aksi heroik kali ini datang dari Kapolsek Sipirok, AKP Ismaya, bersama personel nya, serta Babinsa Koramil Sipirok, maupun masyarakat. Betapa tidak, begitu tahu ada informasi kebakaran hutan di Desa Situmba, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Jumat (9/9/2022) sore, Kapolsek serta anggota, Babinsa, dan masyarakat, kompak terjun langsung memadamkan api.

“Dugaan sementara, api datang dari bagian pinggir jalan, diduga dari puntung rokok yang sembarangan,” kata Ismaya kepada awak media.

Bacaan Lainnya

Saat ini, kata dia, api sudah berhasil dijinakkan, meski masih terdapat kepulan asap di sejumlah titik yang berasal dari sisa-sisa arang api.

Dijelaskan, pihaknya dan petugas lain, maupun masyarakat terus memonitor lokasi tersebut guna mencegah terjadinya kebakaran lanjutan di kawasan hutan yang ditumbuhi semak belukar itu. “Masih dilakukan pemantauan saat ini oleh petugas, mengingat tiupan angin di sekitar lokasi cukup kencang,” jelas Ismaya.

Ia menerangkan, total luas kawasan hutan yang terbakar lebih kurang 400 M². Meski dengan peralatan seadanya, pihaknya terus memantau agar api tidak menjalar ke lokasi lain dengan melakukan penyekatan di hutan tersebut.

Kapolsek mengimbau masyarakat, agar jangan ada yang dengan sengaja ataupun tidak, membakar kawasan hutan dan lahan. Masyarakat, juga diimbau untuk tidak membuang benda-benda yang dapat memicu timbul api seperti halnya puntung rokok.

“Jika menemukan ada lokasi hutan atau lahan yang terbakar, segera hubungi pihak kepolisian atau aparat desa setempat, agar secepatnya ditangani, sehingga tidak sampai merembet ke lokasi yang lebih luas maupun pemukiman masyarakat,” pungkasnya. (SNT)

 

Follow Twitter: Smartnewstapanuli.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *