Kapolres Harapkan Kota Sibolga Miniatur Kemajemukan Agama di Indonesia

WhatsApp Image 2022 10 22 at 00.48.47
Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja saat hadir di acara dialog interaktif.

SNT, Sibolga – Kapolres AKBP Taryono Raharja mengharapkan Kota Sibolga dapat dijadikan miniatur kemajemukan agama di Indonesia. Hal ini menilik kerukunan dan solidaritas masyarakat di Kota Sibolga, Sumatra Utara.

“Mengingat berbagai suku dan bangsa yang mendiami Sibolga seperti etnis Batak, Minang, Nias, Thionghoa, Jawa dan lainnya, maka semboyan Negeri Berbilang Kaum telah mengakar dalam kehidupan bersama,” kata Taryono Raharja saat menghadiri kegiatan dialog interaktif Repelita FKUB bersama pemuda lintas agama se-Kota Sibolga, Sabtu (22/10/2022).

Bacaan Lainnya

Namun lanjut, Taryono Raharja, bahwa kondisi itu kini mulai terkikis seiring dengan perkembangan zaman yang sudah memasuki era teknologi 5.0, sehingga kondisi kerukunan dan solidaritas di kalangan masyarakat secara umum dan pemuda secara khusus mengalami perubahan.

“Hal ini terjadi karena berkurangnya intensitas pertemuan secara tatap muka atau melalui sarana teknologi yang dapat dijadikan sebagai pengingat hubungan silaturahmi,” ujarnya.

Untuk itu lanjut Kapolres, pemuda memiliki peran sebagai motor penggerak utama untuk kemajuan bangsa dalam berbagai bidang, baik bidang ekonomi kreatif, olahraga dan pelopor Kamtibmas serta kerukunan umat beragama.

“Untuk meningkatkan potensi pemuda sebagai salah satu penyangga kerukunan umat beragama di kota Sibolga maka perlu dilakukan hal-hal even olahraga dan kesenian baik tingkat lokal, nasional maupun internasional yang dapat digunakan sebagai sarana untuk membina dan meningkatkan potensi pemuda,” sarannya.

“Kemudian memberikan edukasi atau pelatihan kepada pemuda, sehingga meningkatkan jumlah pemuda yang produktif dan memiliki potensi untuk membina kerukunan umat beragama. Mendorong pemuda untuk berperan sebagai pihak yang dapat menyelesaikan permasalahan apabila terjadi konflik sosial di tengah masyarakat kota Sibolga, serta mengimbau para tokoh pemuda untuk mensosialisasikan atau memberikan teladan kerukunan umat beragama baik dalam aktivitas sehari-hari maupun dalam media sosial,” tutup Kapolres AKBP Taryono Raharja.

Dialog interaktif Repelita FKUB ini mengusung tema “Revitalisasi kerukunan dan solidaritas di kalangan pemuda menuju generasi yang berkemajuan di Kota Sibolga negeri berbilang kaum perekat umat beragama.

Kegiatan ini diadakan di Aula Kantor FKUB Sibolga, Jl.R.Suprapto, Kelurahan Pasar Belakang, Kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga. (SNT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *