Jelang Imlek, Polres Sibolga dan Stakeholder Laksanakan Rakor

Jelang Imlek, Polres Sibolga dan Stakeholder Laksanakan Rakor

SIBOLGA – Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja, diwakili oleh Waka Polres Kompol Diarma Munthe melaksanakan rapat koordinasi menyambut tahun baru Imlek 2574/2023, Kamis (19/1/2023), di Aula Wira Pratama Polres Sibolga.

Turut hadir mewakili Wali Kota Sibolga, Asisten I Josua Hutapea, mewakili Dandim 0211/TT, Danramil 06/Kota Mayor Inf A Samosir, Danlanal Sibolga diwakili Pasi Intel Lanal Kapten laut (T) Ihwan Nudin, Kasat Pol PP Sibolga Dedy Lubis, serta Ketua Himpunan Tjinta Teman (HTT) Sibolga Andre Parlinggoman, Persatuan Cabang Majelis Budayana Indonesia Sibolga Romo Margono, dan perwakilan pengurus Klenteng Sibolga.

Bacaan Lainnya

“Pelaksanaan rakor lintas sektor ini bertujuan agar stake holder terkait bersinergi dalam memberikan pelayanan terhadap perayaan Imlek, agar berjalan aman dan baik, sehingga diperlukan masukan yang konstruktif dari Pemko Sibolga, unsur TNI, unsur tokoh agama, dan stake holder terkait berkenaan dengan situasi menjelang, pada saat dan setelah pelaksanaan tahun baru Imlek 2574, agar Polres Sibolga bersama stake holder siap untuk melakukan pengamanan Imlek sesuai dengan potensi kerawanan, sehingga kondusifitas situasi kamtibmas dapat tetap terpelihara,” kata Waka Polres Kompol Diarma Munthe.

Asisten I Pemko Sibolga Josua Hutapea mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Sibolga dan jajaran atas inisiasi pelaksanaan rakor lintas sektor ini dalam rangka kesiapan pengamanan menjelang perayaan Imlek 2574 di wilayah Kota Sibolga.

“Mendukung sepenuhnya upaya sinergitas dalam pelaksanaan pam, khusus kepada stake holder Pemko Sibolga (dishub dan satpol PP) agar benar-benar mengantisipasi potensi kerawanan seperti pungli dan parkir liar, koordinasi dengan Polres Sibolga untuk melakukan upaya penegakan hukum bila menemukan hal-hal yang dapat meresahkan warga, khususnya dalam perayaan tahun baru Imlek 2574,” ujarnya.

Di kesempatan ini, Ketua HTT Sibolga Andre Parlinggoman juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Polres sibolga dan jajaran terkait rapat koordinasi ini.

“Imlek di tahun ini tidak terlalu euforia dikarenakan banyaknya jemaat yang merayakan Imlek di luar Kota Sibolga, namun demikian, perayaannya tetap akan dilaksanakan sesuai dengan hasil koordinasi bersama Polres Sibolga dan instansi terkait lainnya,” terangnya.

Selanjutnya, Ketua Majelis Budayana Sibolga Romo Margono meminta dinas perhubungan dan instansi terkait agar nantinya dapat mengamankan dan mengawasi parkir dan arus lalin di lokasi kegiatan peribadatan Imlek.

Dalam sambutannya, Kasat Intel Polres Sibolga AKP Agus Adhitama menyampaikan bahwa ada 8 titik vihara dan cetya yang akan melaksanakan ibadah Imlek di wilayah Kota Sibolga, Minggu (22/1/2023) mulai pukul 07.00 WIB.

“Kita menyarankan agar sebelum ibadah dilaksanakan dilakukan sterilisasi terlebih dahulu. Polres Sibolga akan mendirikan pos pengamanan pada dua titik, yakni di Jln S Parman (depan Vihara Avalokitesvara) dan di Jln Merpati (depan Cetya Sakyamuni),” jelasnya. (ril/ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *