Kementerian Perdagangan Gelar Sosialisasi Pengembangan Ekspor Kemenyan

1T1A0724 copy
Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Edward R.Tampubolon didampingi Asisten II Osmar Silalahi dan Kepala Biro Humas Kementerian Perdagangan Marolop Nainggolan membuka Sosialisasi Pengembangan Ekspor Kemenyan, bertempat di Convention Hall Hotel Hineni, Tarutung (Kamis, 12/4/2018).

Tapanuli Utara – Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Edward R.Tampubolon didampingi Asisten II Osmar Silalahi dan Kepala Biro Humas Kementerian Perdagangan Marolop Nainggolan membuka Sosialisasi Pengembangan Ekspor Kemenyan, bertempat di Convention Hall Hotel Hineni, Tarutung (Kamis, 12/4/2018).

“Terima kasih kepada Kementerian Perdagangan atas terlaksananya kegiatan ini dan semoga mampu menjawab permasalahan yang dihadapi para petani maupun pedagang kemenyan,” ucap Sekda mengawali sambutannya.

Sekda juga berharap, melalui sosialisasi ini mampu meningkatkan semangat dan animo petani dalam mengembangkan pertanaman kemenyan.

“Seluruh pemangku kepentingan yang terkait dengan produksi kemenyan perlu bersama-sama memikirkan suatu upaya demi terbentuknya sistem pemasaran yang jelas serta lebih berpihak kepada petani,” akhir sambutan Sekda.

Sementara itu, Kepala Biro Humas Kementerian Perdagangan mengatakan bahwa sosialisasi ini sebagai upaya untuk mendukung keseriusan Pemkab Taput dalam memajukan produksi kemenyan di kawasan Tapanuli.

“Masalah utama yang dihadapi adalah masalah harga sehingga butuh pengembangan pemasaran kemenyan ke level yang lebih tinggi dengan cara memangkas jalur distribusi. Seluruh pemangku kepentingan agar memiliki komitmen untuk melaksanakan ‘action plant’ yang jelas sehingga hasilnya dapat dirasakan dalam waktu dekat,” ucap Marolop Nainggolan.

Usai acara pembukaan, dilanjutkan dengan forum diskusi oleh seluruh hadirin yang diawali dengan paparan para narasumber.

Turut hadir pada sosialisasi tersebut beberapa pimpinan OPD, Pemkab Humbanghas (mewakili), para petani kemenyan dari Taput dan Humbanghas, para pengumpul/pedagang, beberapa pimpinan Bank. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *