oleh

Begini Dongeng Sebelum Mengajar Ala Serka Harianja

Karo – Sasaran program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 101 Kodim 0205/TK, bukan saja membangun fisik, akan tetapi juga non fisik. Salah satunya adalah memberikan wawasan tentang kebangsaan kepada pelajar tingkat SMA di Desa Serdang, Kecamatan Barus Jahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Jumat, (20/4/2018).

Seperti yang dilakukan oleh Serka Harianja anggota Satgas TMMD yang mendatangi sekolah SMA Negeri Barus Jahe. Uniknya, sebelum menyampaikan materi wawasan kebangsaan, ia terlebih dahulu mendongeng dihadapan pelajar.

Dongeng dimaksud adalah untuk mengarahkan pola pikir para siswa ke jaman dahulu. Metode ini terbukti efektif, dan berhasil membangun pola pikir serta kedekatan emosional antara siswa dengan Serka Harianja.

“Pola mendongeng tentang jaman dahulu, dimana kita bangsa Indonesia tanpa membedakan suku dan agama bersatu untuk mengusir penjajah. Jadi mengingat para murid SMA pola pikirnya masa puber, butuh suatu persepsi untuk mengantar pikiran mereka yang jauh bedanya dengan sekarang. Dengan bercerita, sehingga mereka cepat menangkap apa yang akan disampaikan,” ujar Serka Harianja.

Serka Harianja sendiri merupakan anggota Koramil Barus Jahe, tapi ia terlibat sebagai Satgas TMMD Ke 101 Kodim 0205/TK. Kesehariannya terlibat dalam pengerahan masyarakat untuk mempercepat sasaran pembukaan jalan.

Namun dia juga diberikan keleluasaan untuk membina masyarakat melalui non fisik TMMD, salah satunya adalah mengajar di sekolah.

Dalam kegiatan itu, para pelajar SMA terlihat antusias mengikuti pelajaran yang diberikan Harianja. Selain wawasan kebangsaan, dia juga mengajar lagu-lagu kebangsaan.

“Pelajaran yang saya berikan kepada pelajar SMA tersebut sesuai dengan kurikulum mereka, dan kemampuan mereka untuk menangkap mata pelajaran termasuk bagus,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri Baru Jahe, Bethseba br Ginting SPd. sangat mengapresiasi dilakukan oleh anggota Satgas TMMD itu.

“Ilmu dari mereka sangat membantu kemajuan anak didik kami. Saya mewakili sekolah sangat mengucapkan terima kasih,” ucap Bethseba. (penrem 023/ren)

Komentar