Ini Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

  • Whatsapp
Daun Kelor. FOTO: doktersehat.com/int.

Kesehatan – Mungkin banyak orang menganggap jenis tumbuhan ini identik dengan mistik. Bisa saja benar, karena kelor biasanya digunakan sebagai metode untuk mengusir makhluk kasat mata.

Daun kelor juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk memandikan jasad orang yang telah meninggal guna mengusir seluruh aura negatif yang masih menempel.

Akan tetapi di balik itu, ternyata daun kelor memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh seseorang.

Hal itu dikuatkan dengan hasil yang dikeluarkan oleh Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyebutkan daun kelor bisa membantu perkembangan tubuh serta menjadi obat tradisional yang bisa mengobati berbagai macam penyakit.

Kandungan asam amino esensial yang terdapat di dalamnya juga dapat membantu perkembangan bayi dalam kandungan. Maka daun kelor juga direkomendasikan bagi ibu-ibu hamil agar kondisi tubuh serta janin yang dikandungnya menjadi lebih baik dan sehat.

Ada juga manfaat lain yang lebih mengejutkan.

Dihimpun dari berbagai sumber, daun kelor memiliki 3 manfaat utama yang sangat baik bagi kesehatan tubuh seseorang:

1. Mengobati Kanker

Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Oncology Letters, ekstrak daun kelor yang telah larut dalam air bisa mengobati kanker secara alami.

Adapun kanker yang bisa teratasi mulai dari kanker payudara, kanker paru, hingga kanker kulit.

Hal tersebut dikarenakan daun kelor kaya akan antioksidan, protein, karotenoid, potassium, dan senyawa lainnya yang bisa menangkal radikal bebas serta pertumbuhan sel kanker.

2. Menyehatkan Mata

Mungkin terdengar sedikit meragukan, pasalnya banyak yang mempercayai bahwa kesehatan mata bisa didapatkan dari makanan yang mengandung vitamin A dan biasanya berwarna merah seperti wortel, tomat, ataupun pepaya.

Tapi perlu Anda ketahui, walaupun kelor tidak berwarna merah sedikitpun, faktanya daun ini memiliki kandungan vitamin A yang cukup banyak. Disebutkan dalam 100g daun kelor terdapat 3390 SI vitamin A. Tentunya jumlah tersebut jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan wortel.

3. Menurunkan Kadar Gula

Dari hasil penelitian yang dilakukan di Mumbai, India, ditemukan sebuah hasil yang mengatakan bahwa daun kelor olahan, baik berupa teh ataupun sayur bisa menurunkan kadar glukosa darah secara signifikan. Hal tersebut terjadi akibat pemberian obat glibenclamide yang berfungsi untuk meningkatkan sekresi insulin oleh sel beta pankreas.

Maka tak heran, jika banyak orang di India yang menggunakan daun kelor sebagai obat herbal dalam menurunkan kadar gula. (sumber: doktersehat.com)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *