Inikah Pemicu Wanita Tak Kunjung Hamil?

  • Whatsapp
Ibu Hamil. FOTO: ilustrasi/okezone.com/int.

Kesehatan – Bagi kaum wanita, kehamilan merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu. Kendati begitu tidak semua wanita bisa merasakan momen tersebut dengan sangat mudah.

Dilansir viva.co.id, kesulitan hamil biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti kesuburan pria, kesuburan wanita, serta alasan yang tidak diketahui. Pada pria, biasanya dinilai pada bagian spermanya.

Bacaan Lainnya

“40 persen dipengaruhi oleh ketidaksuburan pria seperti jumlah sperma yang kurang, bentuk yang abnormal, serta motilitas yang menurun. 40 persen lagi disebabkan oleh ketidaksuburan wanita seperti gangguan ovulasi,” ujar Spesialis Obgyn, dr. Batara Imanuel Sirait Sp.OG(K), di kawasan Kuningan, Jakarta, Minggu, (22/4/2018).

Dikatakan, untuk menilai ada tidaknya gangguan ovulasi pada wanita, paling mudah dilihat melalui keteraturan siklus menstruasi. Artinya, keteraturan siklus menstruasi akan membuat sel telur diproduksi secara teratur pula.

“Selain itu, kehadiran sumbatan pada saluran tuba dapat mempersulit sperma bertemu dengan sel telur. Sumbatan tersebut biasanya terjadi karena infeksi yang berkepanjangan akibat keputihan yang tidak diobati,” ujarnya.

Lanjutnya, penyebab lainnya yang ada pada tubuh wanita yaitu abnormalitas rahim akibat mioma atau kondisi PCOS. Bahkan, kegagalan ovarium dini bisa diakibatkan pada mereka yang mengalami menopause terlalu cepat akibat ketidakseimbangan hormon.

“Pada pasien PCOS pasti nampak pada gangguan haid. Selain penyebab tersebut, 20 persen lainnya disebabkan oleh sesuatu yang tidak dapat diketahui,” ucap Dia. (int)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *