oleh

Dibanding Quick Count, Situng KPU Lebih Riil

Jakarta – Dibanding dengan hasil hitung cepat (quick count) yang banyak dikeluarkan oleh lembaga survey, Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) dipercaya lebih riil.

Pada Pilkada 2018 nanti Situng yang dibangun bersama Pusat Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Pusilkom UI) akan kembali digunakan dan bisa diakses oleh publik di portal publikasi pemilu dan pilkada.

“Dalam info pemilu, data perolehan suara dari KPU ini akan lebih real dan lebih baik dari data quick count dengan update yang realtime. Info pemilu dalam portal publikasi tersebut dipublish untuk dapat diakses masyarakat luas,” ujar Purwanto dari Tim Pusilkom UI, dilansir dilaman kpu.go.id.

Purwanto mengatakan, dalam kerjasamanya, KPU dan Pusilkom UI juga memperdalam kemampuan para operator KPU Provinsi dan kabupaten/kota penyelenggara agar lebih mahir dalam mengoperasikan.

“Untuk itu dihari kedua Bimbingan Teknis (Bimtek) Situng yang dilaksanakan di Serpong Tangerang, kemarin, selain mendapat pengarahan secara langsung oleh Pusilkom UI dalam kelas-kelas, para operator juga diberikan buku panduan (manual book) Situng Pilkada Serentak 2018 sebagai bahan memahami pengoperasian system tersebut,” ungkapnya. (snt)

Komentar