KPU Sibolga Rekrut PPK

  • Whatsapp
Rekrut PPK
Foto: Ketua KPU Sibolga, Khalid Walid. (Dod)

SmartNews, Sibolga – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sibolga akan melaksanakan rekrutmen atau seleksi penerimaan calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (Rekrut PPK) untuk Pilkada Sibolga yang digelar serentak 23 September 2020.

Ketua KPU Sibolga, Khalid Walid menjelaskan, jadwal rekrutmen calon anggota PPK dimulai, 15 Januari-14 Februari 2020. Ada dua tahapan dalam proses seleksi, yakni ujian tertulis dan wawancara.

Bacaan Lainnya

“Calon peserta minimal berpendidikan SLTA sederajat. Paling tidak harus mengetahui tentang Pilkada serentak 2020. Nanti kita tes di ujian tertulisnya,” kata Khalid Walid kepada wartawan di ruangan kerjanya, Rabu (15/1/2020).

Dia mengatakan, seleksi penerimaan calon anggota PPK ini berdasarkan PKPU 16/2019, tentang perubahan atas PKPU 15/2019, tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggara Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

Dijelaskan, Kota Sibolga memiliki 4 kecamatan. Setiap kecamatan membutuhkan 5 anggota PPK. Maka, peserta atau calon anggota PPK yang mendaftar itu minimal 10 orang per kecamatan.

“Artinya, total pesertanya 40 orang. Jika tidak memenuhi kuota, kita dapat memperpanjang waktu pendaftaran,” ujar Khalid.

Khalid menegaskan, calon anggota PPK harus independen, tidak terlibat dalam kepengurusan partai politik, ataupun menjadi tim sukses salah satu pasangan bakal calon kepala daerah.

Selama proses rekrut PPK maupun setelah dilantik, masyarakat boleh melaporkan atau menyampaikan ke KPU, bila mengetahui ada anggota PPK yang tidak independen, bahkan melakukan kecurangan dalam tahapan proses Pilkada serentak 2020.

“Kapan saja dia (anggota PPK) bisa diganti, meskipun setelah dilantik. Syaratnya, laporan masyarakat itu harus disertai bukti otentik,” tegasnya.

Khalid Walid menambahkan, setelah proses seleksi penerimaan anggota PPK selesai, KPU Sibolga akan merekrut calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS). Jadwalnya, 15 Februari-Maret 2020. (Dod)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *