oleh

Panwaslu Gelar Rakernis Panwascam Sibolga

Sibolga – Ketua Panwaslu Sibolga Darwis Sibarani mengatakan pihaknya telah selesai menggelar rapat kerja teknis (Rakernis) bersama Panwascam se Kota Sibolga di Aula Hotel Wisata Indah Sibolga pada, Sabtu, 12 Mei 2018.

Dikatakan, Rakernis yang digelar dua hari (Jumat-Sabtu, 11-12/5) tersebut membahas penanganan dan penindakan pelanggaran yang terjadi pada pelaksanaan Pilgubsu 2018.

“Panwascam sebagai petugas di lapangan, dilatih agar mampu bertindak dan memberikan laporan atas tindakan pelanggaran yang dilakukan dari masing-masing kubu pendukung pasangan Cagubsu,” sebut Darwis di Sibolga, Minggu, 13 Mei 2018.

Ditambahkan, kegiatan pun difokuskan untuk memantapkan serta menyeragamkan kemampuan Panwaslu, Panwascam dalam menjalankan tugas di lapangan.

“Saat ini kita buat ujian, tujuannya agar kita mengetahui sejauh mana kemampuan petugas, bagi yang nilainya kurang bagus, kita beri arahan lagi,” ucapnya.

Selain ujian, pihaknya juga memberikan pelatihan tata cara pelaksanaan penanganan maupun penindakan pelanggaran apabila ditemukan di lapangan, mulai tahap pemilihan, penghitungan suara di TPS, hingga rekapitulasi di KPU yang harus diawasi secara ketat.

Pihaknya juga menempa petugas Panwascam untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat secara langsung, guna meminimalisir terjadinya pelanggaran tahapan Pilgubsu 27 Juni 2018 nanti.

Bentuk kampanye yang selalu diawasi adalah penebaran isu sara yang dapat menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat, penyebaran berita hoaks yang menghambat jalannya tahapan pemilihan. (Ferry Sitohang_snt)

Komentar