oleh

Berburu Uang Pecahan Baru, Kas Keliling Bank Indonesia di Madina Diserbu

Panyabungan – Animo masyarakat menukar uang pecahan rupiah cetakan baru begitu besar menjelang lebaran Idul Fitri 1439 H.

Hal demikian memang sudah tradisi setiap tahun bagi warga untuk memperoleh uang pecahan baru untuk dibagikan kepada keluarga, terutama anak-anak sehingga menambah keceriaan di hari raya Idul Fitri.

Pantauan di Pasar Baru Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), warga begitu antusias untuk menukarkan uang pecahan rupiah ketika KPw Bank Indonesia Sibolga membuka layanan kas keliling di daerah itu, Rabu (6/6).

Kas keliling ini dibuka mulai pukul 09.00 WIB, ratusan warga terlihat membludak untuk menukarkan uang pecahan baru.

Hanya dalam hitungan satu jam, Rp800 juta uang pecahan baru yang disiapkan pun ludes ditukarkan.

Uang pecahan baru yang dibawa mobil kas keliling BI Sibolga dan tiga bank lainnya (Mandiri, BNI dan Mandiri Syariah,red) ini langsung habis, dan layanan pun ditutup.

Kepala Cabang Bank Mandiri Ade Hendra mengakui animo masyarakat Madina begitu besar untuk menukar uang pecahan baru.

Menurut Ade Hendra, harusnya layanan penukaran selesai pukul 14.00 WIB, tapi pada pukul 10.00 WIB seluruh uang pecahan baru sudah habis ditukar warga.

“Modal Rp160 juta uang pecahan yang dibawa langsung habis. Uang pecahan Rp2.000, Rp5.000 dan Rp10.000 habis lebih awal. Karena ini yang lebih banyak diburu warga,” kata Ade.

Bahkan, mobil kas keliling bank Mandiri Syariah lebih dulu pulang karena stok uangnya sudah habis.

Begitupun, kepada warga Madina yang belum sempat menukar uang tidak perlu khawatir karena masih ada waktu satu hari lagi. Layanan penukaran uang akan kembali dibuka di tempat yang sama, Kamis (7/6).

Dia menambahkan, warga yang menukar uang diberi batasan maksimal. Satu orang hanya boleh menukar Rp3,7 juta untuk pecahan Rp 2 ribu, Rp5 ribu, Rp10 ribu, Rp 20 ribu.

Nurul Huda, warga Madina mengaku senang dengan layanan penukaran uang di Pasar Baru Panyabungan.

“Kita sangat senang, jadi kita tidak perlu repot lagi pergi ke Bank. Uang pecahan baru yang saya tukar hari ini untuk persiapan saat lebaran nanti,” kata Nurul. (ren)

Komentar