oleh

BI Sibolga Gandeng 12 Perbankan Layani Penukaran Uang Baru di Padangsidimpuan

Padangsidimpuan – Ratusan warga Kota Padangsidimpuan terlihat ramai berbondong-bondong menukar uang rupiah pecahan baru di Alaman Bolak Kota Padangsidimpuan, Selasa (5/6).

Ternyata di lokasi ini Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sibolga bekerja sama dengan perbankan menggelar kas keliling penukaran uang baru menyambut lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah.

Kasir BI Sibolga Saddam Pasaribu mengatakan kas keliling ini dimulai pukul 09.00-14.00 WIB. Penukaran uang rupiah pecahan kecil di wilayah Padangsidimpuan digelar dua hari, Selasa-Rabu (5-6/6).

Dalam program ini, BI Sibolga bekerja sama dengan 12 perbankan yang dipusatkan di Alaman Bolak Padang Nadimpu.

“Kita siagakan di dua tempat menjelang Idul Fitri, dua hari di Padang Sidimpuan dan dua hari di Panyabungan Mandailing Natal. Modal yang disiapkan mencapai Rp4,6 miliar,” ucap Saddam.

Dia menambahkan, antusiasme masyarakat yang melakukan penukaran uang pecahan baru menjelang lebaran tahun ini meningkat 10% dibanding tahun lalu.

Terkait peredaran uang palsu, sampai saat ini pihaknya tidak ada menemukan. Sebagai Kasir BI pihaknya sudah terlatih membedakan uang asli dan uang palsu.

“Kita selalu mengimbau dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, anak sekolah juga kita beri sosialisasi bagaimana pengenalan uang rupiah yang asli dan yang palsu dengan cara 3D (dilihat, diraba, diterawang),” ungkapnya.

Ia juga mengimbau masyarakat menjaga uang dengan hasil cetak sempurna (HCS) yang diedarkan.

“Uangnya jangan dihekter, jangan dibasahi, jangan dilipat, jangan meremas dan jangan ditulis-tulis,” imbuhnya. (ren)

Komentar