oleh

1.288 KPPS Ikuti Bimtek KPU Sibolga

Sibolga – KPU Sibolga menggelar bimbingan teknis kepada 1.288 petugas KPPS di Aula Topaz Hotel Wisata Indah. Bimtek digelar dua hari, Rabu-Kamis (20-21/6/2018).

Bimtek itu membahas pemungutan dan perhitungan suara pada Pilgubsu 2018. Bimtek dimaksudkan agar petugas KPPS dapat memahami tupoksinya pada saat Pilgubsu berlangsung, peserta juga dilatih untuk mampu melakukan pengisian administrasi.

Koordinator Bidang Divisi Teknis KPU Sibolga Salmon Tambunan mengatakan kegiatan Bimtek bagi KPPS akan membantu kelancaran pelaksanaan Pilgubsu, 27 Juni 2018 nanti.

Semua petugas KPPS ini nantinya akan melayani 60.981 pemilih di Kota Sibolga dalam memberikan hak suaranya.

“Mereka ditugaskan di 184 TPS, jadi ada 7 petugas KPPS yang bertugas di setiap satu TPS membantu PPS pada Hari H,” ujar Salmon.

Diharapkan KPPS mengetahui apa yang menjadi tugas pokoknya di TPS. Pelatihan pun dimulai dari KPPS satu, KPPS dua, KPPS tiga dan seterusnya.

Salmon menjelaskan, KPPS diharuskan mengenali serta mampu mendeteksi apakah si pemilih sudah memberikan hak suaranya atau belum, jangan sampai ada yang memilih dua kali akibat kelalaian.

Dia mengharapkan, KPPS dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan pemilih diadministrasikan dengan benar didaftar hadir (C-7), sehingga tidak terjadi mal administrasi.

“KPPS dilatih mengisi formulir C, berita acara C-1, termasuk C-Plano, supaya hasilnya maksimal,” imbuhnya. (ferry sitohang)

Komentar