oleh

Sejarah Perjuangan, Senjata Ampuh Perangi Hoax

Madina – Danramil 20/Batahan Kodim 0212/TS Kapten Inf Edy Manalu menegaskan, wawasan kebangsaan dan ideologi bangsa, khususnya sejarah perjuangan kemerdekaan, adalah senjata ampuh memerangi hoax yang marak di zaman now. Hal itu ditekankannya kepada para pelajar SMA Negeri 1 Sinunukan, Kecamatan Sinunukan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Senin (17/72018).

“Materi yang diberikan ialah tentang sejarah zaman penjajahan hingga sekarang. Bagaimana karakter suku anak bangsa dari Sabang sampai Merauke, dan cinta tanah air serta kebanggaan berbangsa Indonesia,” kata Kapten Inf Edy Manalu.

Menurutnya, wawasan kebangsaan dan ideologi bangsa harus dipahami sejak dini. Untuk itu, Danramil berharap agar para pelajar meningkatkan motivasi untuk belajar sejarah, diantaranya pengetahuan sejarah jaman penjajahan Belanda dan Jepang. Bagaimana pentingnya persatuan dan kesatuan anak bangsa dengan simbol “Bhinneka Tunggal Ika” saat melawan penjajah. Dan, perlunya mengamalkan nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari.

“Bahwa bangsa Indonesia terdiri dari suku, ras, agama, dan kebudayaan serta adat istiadat yang berbeda-beda. Namun dalam perbedaan, kita tidak boleh terpisah satu dengan yang lain, tidak mudah diprovokasi atau jangan cepat percaya berita hoax untuk memecah rasa persatuan. Tetap satu dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika,” pungkasnya. (Penrem 023)

 

Editor: Mora

Komentar