PLN Komitmen, Pelosok Desa di Tabagsel Kini Nikmati Listrik

  • Whatsapp
Teks Foto: Manajer PLN Area Padangsidimpuan Ronny Afrianto ketika melakukan tarian tor-tor bersama Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu pada peresmian Lisdes. (Dok. Khairul Arief)

Padangsidimpuan – PT.Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus berupaya menerangi sejumlah desa yang belum teraliri listrik dengan program Listrik Pedesaan (Lisdes) yang berada di Dusun Baringin Tua, Dusun Sitabo-Tabo dan Dusun Pinarik baru, Desa Parau Sorat Sitabo-Tabo, Kecamatan Saipar Dolok Hole, di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Manager PLN Area Padangsidimpuan Ronny Afrianto, mengatakan Lisdes merupakan program PLN wilayah Sumut, dan bagian dari program nasional agar masyarakat dapat menikmati listrik hingga ke pelosok desa.

Bacaan Lainnya

“Hingga kini kita terus terjun ke pelosok desa dengan program Indonesia terang. Program nasional Lisdes tersebut harus kita sukseskan bersama hingga ke pelosok,” ujar Ronny Afrianto, dalam press rilis yang diterima, Senin, 6 Agustus 2018.

Ronny menyampaikan untuk Desa Parau Sorat Sitabo-Tabo yang memiliki jumlah penduduk sebanyak 150 KK (kepala keluarga), saat ini telah menjadi pelanggan PLN sebanyak 42 pelanggan, dengan komposisi daya 2.200VA = 2 pelanggan, 1.300VA = 2 pelanggan, dan 900VA = 38 pelanggan.

Dengan masuknya listrik ke pelosok desa, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di desa tersebut.

“Artinya arus listrik yang sudah menjangkau masyarakat di pelosok desa sudah bisa difungsikan ke alat-alat rumah tangga maupun peralatan usaha yang memerlukan energi listrik. Selain itu anak-anak usia sekolah pun nyaman belajar di malam hari, tidak perlu gelap-gelapan lagi,” tutur Manajer PLN Area Padangsidimpuan yang meliputi Tapanuli Bagian Selatan itu.

Dia menambahkan, realisasi Lisdes ini dijadikan sebagai momentum PLN menunjukan tekad dalam menerangi Indonesia di HUT RI ke-73.

“Arah Program layanan PLN saat ini yaitu memudahkan masyarakat mendapatkan listrik dan kesiapan dalam melayani listrik untuk masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Amir (43), salah seorang warga dari Desa Sitabo-Tabo mengapresiasi PLN. Listrik sudah masuk ke desa mereka.

“Alhamdulillah, desa kami sudah mendapat pasokan listrik dari PLN. Tentu hal ini dapat menunjang aktifitas kami dan akan berdampak pada perekonomian kami,” kata Ronny menirukan ucapan Amir.

Selain dihadiri masyarakat dan perangkat Desa Parau Sorat Sitabo-Tabo, peresmian ini juga dihadiri Manajemen PLN Area Padang Sidimpuan. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *