Jelang HSL ke 73, 6 Desa di 4 Kabupaten Ini Berlistrik

  • Whatsapp
PT.PLN (Persero) ULP Sibolga Target Selesai Jaringan Listrik Masuk Desa di 6 Desa pada 4 Kabupaten di Sumut. (FOTO: ist)

Sibolga – Menjelang Hari Listrik Nasional HSL) ke 73 tahun 2018, sebanyak 6 desa di wilayah PT.PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sibolga, Sumatera Utara menikmati penerangan listrik.

“Keenam desa itu tersebar di 4 kabupaten berbeda yakni daerah Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan dan Kabupaten Toba Samosir,” kata Manajer PT PLN (Persero) UP3 Sibolga, Poltak Samosir.

Bacaan Lainnya

Poltak menyebut, di Tapanuli Tengah ada tiga desa yakni Sitardas, Lorong Gunung Meranti dan Gunung Jambak Toba, Kecamatan Badiri, dengan jumlah pelanggan sebanyak 100 kepala keluarga (KK).

“Di desa ini dibangun HUTM 5,6 KMS dengan 3 unit trafo masing-masing berdaya 50 kva, HUTR : 3,6 KMS,” terang Poltak dalam keterangan pers di Sibolga, Sabtu (27/10).

Kemudian di Tapanuli Utara yakni di Desa Pagar Sinondi Jambur Maulid Hadang, Kecamatan Sipaholon. Pelanggan baru di desa ini tercatat 15 KK. Di desa ini akan dibangun HUTM 2,8 KMS, Trafo berdaya 25 Kva dan HUTR 4,2 KMS.

Selanutnya di Desa Huta Namora Siambaton, Kecamatan Pakkat, Kabupaten Humbahas. Sebanyak 30 KK akan menjadi penikmat baru listrik dengan pembangunan HUTM 1,9 KMS, Trafo 2 unit masing-masing 25 kva dan HUTR : 2,2 KMS.

Dan di Desa Pagaran III dan IV, Kecamatan Adian Koting, Kabupaten Tapanuli Utara dengan jumlah 125 kepala keluarga. Di desa ini dibangun HUTM 13,34 KMS, Trafo 3 unit berdaya masing-masing 50 kva dan HUTR 3 KMS.

Kemudian di Desa Meranti Tengah, Dusun Jambu Dolok, Batu Rangon, Panduan, Kecamatan Pintu Pohon, Kabupaten Tobasa dengan jumlah pelanggan di dusun itu sebanyak 120 kepala keluarga. Pembangunan HUTM 8,1 KMS, Trafo 3 unit dengan 50 kVA dan HUTR : 4,4 KMS juga sedang tahap penyelesaian.

“Terakhir di Desa Lumban Rao Timur, Kabupaten Tobasa. Ada sebanyak 80 kepala keluarga yang mendapatkan listrik baru. Sekarang juga sedang pembangunan HUTM 6,2 KMS, Trafo 2 unit masing-masing berdaya 50 kva dan juga ada HUTR 1,6 KMS,” papar Poltak, dan menyebut penuntasan jaringan listrik masuk di 6 desa itu akan rampung sebelum tahun 2019. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *