Situs KPU Sulit Diakses, Kenapa?

  • Whatsapp
Foto Net.

SmartNews – Situs KPU sudah diakses usai momen pencoblosan Pemilu 2019. Bahkan pada sejumlah kesempatan, situs KPU tak bisa diakses. Dari segi teknis, setidaknya ada dua hal yang bisa menjadi penyebab situs KPU down.

“Ada dua penyebab, sistem masih terus diperbaiki tim dan di sisi lain ada peningkatan trafik,” kata Relawan Tim IT KPU M. Salahuddien seperti dilansir detikINET, Kamis (18/4/2019).

Bacaan Lainnya

“Tapi secara arsitektur masih bisa teratasi karena setahu saya teman-teman untuk pemilu 2019 host ada di beberapa lokasi, arsitekturnya lebih rapi sehingga bisa membagi beban trafik yang masuk,” ujarnya.

Dia menambahkan, problem di KPU sama dengan kementerian dan lembaga yang memakai anggaran pemerintah.

“Anggarannya itu sulit untuk diarahkan untuk pemenuhan kebutuhan teknis ini. Untuk mempersiapkan sumber daya mengatur konfirgurasi itu perlu waktu yg panjang, tapi mekanisme anggaran nggak seperti itu,” terangnya.

“Jadi dengan anggaran yang tidak responsif dan banyak batasan jadi akibatnya telat untuk persiapan, seperti menyewa expertise terkait jaringan dan keamanan, serta lainnya,” pungkasnya. (snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *