oleh

‘Jumat Bersih’ Bersama Babinsa di Batangtoru

SmartNews, Batangtoru – Sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa), Sertu Khairul Siregar, anggota Koramil 01/Batangtoru-Kodim 0221/Tapsel terus berupaya menggiatkan tradisi budaya gotong royong yang merupakan budaya kearifan lokal warisan leluhur.

Hal ini terlihat dalam kegiatan ‘Jumat Bersih’ yang digelar di Desa Terapung Raya, Kecamatan Muara Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Jumat (28/06/2019).

Bersama tokoh masyarakat dan pemuda setempat atau Naposo Nauli Bulung (NNB), Babinsa Koramil 01/Batangtoru melaksanakan kegiatan gotong royong pembersihan lingkungan, selokan yang penuh sampah, halaman rumah, dan sepanjang jalan Desa Terapung Raya.

Di kesempatan itu, Sertu Khairul Siregar yang merupakan aparat penggiat gotong royong mengatakan, kegiatan jumat bersih yang diisi kegiatan kerja bakti pembersihan lingkungan ini bertujuan untuk menciptakan dan meningkatkan kondisi lingkungan yang bersih dan sehat.

“Kegiatan gotong royong di hari Jumat ini, tujuan utamanya adalah untuk menciptakan dan meningkatkan kondisi lingkungan yang bersih yang diharapkan akan menciptakan sikap yang sehat dalam hidup bermasyarakat,” ujar Sertu Khairul Siregar.

Menurutnya, selain untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, tujuan lain yang ingin dicapai dari kegiatan tersebut adalah menumbuhkan rasa memiliki di kalangan masyarakat, akan pentingnya kebersihan lingkungan demi kesehatan, sehingga suasana di lingkungan akan terasa nyaman dan fasilitas di sekeliling kita dapat terpelihara dengan baik.

“Hal ini merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai aparat kewilayahan. Sudah menjadi kewajiban bagi kami untuk memberikan contoh dengan melakukan hal yang postif, terutama dalam hal kebersihan lingkungan yang kita terapkan setiap hari Jumat,” ungkap Sertu Khairul.

“Karena bagaimanapun juga, apa yang kita lakukan tentu masyarakat kita akan lihat, dan ini bisa menjadi motivasi masyarakat untuk ikut meniru. Selain itu, kegiatan Jumat Bersih juga akan melestarikan gotong royong sebagai salah satu budaya warisan para leluhur kita,” pungkasnya. (penrem023)

Loading...

Komentar