Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

  • Whatsapp
Ilustrasi Bau Mulut. (Foto: Lp6/Net)

SmartNews – Bau mulut mengakibatkan kurang percaya diri. Terkadang, meski telah berusaha keras untuk menjaga kesehatan mulut, namun tetap saja bau mulut muncul dan sangat mengganggu.

Lalu apa yang harus Anda lakukan saat bau mulut menyerang? Bagaimana cara mengatasi bau mulut tercepat yang bisa Anda lakukan?

Bacaan Lainnya

1. Minum Banyak Air Putih

Mengapa Anda harus minum banyak air putih? Sebab air putih dapat menjaga kelembapan mulut tetap terjaga. Air juga dapat membilas bakteri-bakteri yang mungkin ada di mulut. Sangat penting untuk selalu minum air putih yang banyak setelah makan.

Hal ini membantu untuk membilas sisa-sisa makanan yang mungkin masih tertinggal di mulut. Selain bisa menjaga bau mulut air juga sangat bermanfaat untuk menjaga ketahannan tubuh. Meminum susu setiap hari baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung banyak kalsium.

Minum susu juga merupakan salah satu kebiasaan baik yang bisa menghindari Anda dari bau mulut. Selain itu, kalsium yang terdapat pada susu juga dapat memperkuat tulang dan gigi.

3. Makan Permen atau Permen Karet

Cara ini merupakan salah satu cara yang sangat jitu untuk segera menghilangkan bau mulut tidak sedap. Saat keadaan genting sehingga Anda tidak sempat membersihkan rongga mulut dari bau mulut dan memaksa Anda untuk berbicara bertatap muka dengan jarak yang sangat dekat, keharuman permen karet adalah penyelamat yang akan menyamarkan bau mulut tak sedap.

Begitu dikunyah, aroma permen karet akan memenuhi rongga mulut dan terdorong keluar ketika Anda berbicara. Hasilnya, bau tidak sedap dalam mulut tergantikan seketika dengan aroma wangi permen karet yang Anda kunyah.

Pilihlah aroma permenmen karet yang mengandung xylitol. Kandungan xylitol menghadirkan sensasi segar dalam mulut sekaligus menghembuskan aroma yang segar dan terasa dingin.

4. Kunyah Buah atau Sayur

Mengonsumsi buah juga sangat ampuh mencegah bau mulut selain menutrisi buah juga mampu memberikan kelembapan dan air pada mulut, mengurangi makanan kacang-kacangan.

Menghindari makanan yang berbau tajam dan tidak sedap juga ampuh untuk menghalau bau mulut. Jangan makan bawang putih dan bawang bombai saat Anda hendak berbincang cukup dekat dengan orang lain.

Anda bisa menggantinya dengan buah lain yang lebih aman seperti apel, semangka, wortel, atau tomat. Kandungan air yang banyak bisa membantu menghilangkan bau mulut yang tidak enak.

5. tidak merokok

Bila Anda perokok dan tidak mau mulut Anda bau, berhentilah merokok karena selain merugikan kesehatan dan mulut Anda tapi kesehatan orang lain juga pasti ikut terancam.

Nikotin yang menempel pada mulut, membuat gigi menguning serta nafas Anda bau. Apabila Anda sulit untuk menghentikan kebiasaan merokok, setidaknya kurangilah sedikit demi sedikit lalu rajin-rajinlah membersihkan gigi baik dengan sikat gigi atau dengan mengunyah permen karet. Selain itu, usahakan untuk tidak merokok jika Anda berencana untuk bertemu banyak orang. (bt/snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *