Pentingnya Peranan Masyarakat Cegah Karhutla

  • Whatsapp
Babinsa di Koramil jajaran Kodim 0212/Tapsel gencar turun ke lapangan untuk sosialisasi pencegahan Karhutla di desa binaannya. (Foto: dok-istimewa)

SmartNews, Sosa – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sejumlah wilayah di Sumatera terus saja terjadi.

Peran serta masyarakat lokal harus diperkuat dalam mencegah kasus-kasus kebakaran hutan dan lahan.

Babinsa di Koramil jajaran Kodim 0212/Tapsel gencar turun ke lapangan untuk sosialisasi pencegahan Karhutla di desa binaannya.

Seperti dilakukan Babinsa Koramil 09/Sosa, Serka RA Tanjung dan Serda Ambran Tarigan.

Kepada masyarakat, Babinsa terus mengajak agar turut berperan aktif mencegah terjadinya karhutla di Desa Handio Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas, Jumat (13/9/2019).

“Mari kita cegah karhutla. Kami dari Koramil 09/Sosa mengajak partisipasi aktif masyarakat,” kata Serka RA Tanjung.

Personel Babinsa, khususnya, rutin dan aktif turun memberikan himbauan dan sosialisasi cegah karhutla.

“Peran masyarakat harus diperkuat untuk cegah karhutla, dengan harapan masyarakat terhindar dari dampak negatif yang muncul jika terjadi kebakaran sehingga ekosistem tetap lestari,” sebut Serka RA Tanjung.

Dia mengatakan peran utama desa di antaranya berupa keaktifan memberikan laporan deteksi dini.

Laporan jenis ini, lanjutnya, terkait dengan pengerahan warga oleh pihak tertentu dengan imbalan tertentu untuk melakukan pembukaan hutan atau lahan dengan cara pembakaran.

“Yang tak kalah penting, desa juga bisa berperan memberikan laporan atas adanya karhutla di daerahnya sesegera mungkin,” tambahnya.

Sementara itu salah seorang warga masyarakat, Makmur Hasibuan (35) mengatakan, sebagai warga ia mengaku sangat peduli terhadap pencegahan karhutla.

“Kami pun bersama Manggala Agni juga telah berikan himbauan dan ajakan kepada warga lainnya untuk bersama-sama mencegah karhutla, mengingat dampak yang harus kami terima jika terjadi kebakaran di wilayah kami,” ucap Makmur.

Selanjutnya, Kepala Desa Handio Fahrudin (40) mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan pencegahan karhutla yang saat ini terus digalakkan oleh Babinsa, Manggal Agni dan unsur terkait, yang sering melakukan patroli maupun memberikan himbauan-himbauan terkait karhutla.

“Kita ajak warga bersama-sama untuk aktif dalam pencegahan kebakaran hutan ini, masyarakat memang harus berperan untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan, apalagi kondisi saat ini sudah terlihat adanya kabut asap akibat kebakaran hutan di sekitar wilayah kita,” kata Fahruddin.

Kondisi saat ini kabut asap sudah mulai menghiasi langit Kabupaten Padang Lawas, bahkan di beberapa tempat terlihat para relawan sudah membagikan masker kepada para warga yang melintas di jalanan dan para anak sekolah. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *