Ini Kegiatan Danrem dan Jajarannya di Wilayah Korem 023/KS

  • Whatsapp
Danrem 023/KS, Kol Inf Tri saktiyono menerima kunjungan organisasi GMKI (Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia ) Kota Sibolga di Ruang Transit Makorem 023/KS, jalan Datuk Itam Sibolga, Jumat 27 September 2019.

SmartNews, Sibolga – TNI terus menunjukkan eksistensinya di tengah masyarakat. Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 01/Sumbul, Kodim 0206/Dairi, Serda Walder P Togatorop bersama PPL Kecamatan Sumbul, Ojak Silalahi.

Mereka melaksanakan sosialisasi tentang tata cara pengendalian hama pada tanaman padi sawah. Termasuk di dalamnya perawatan tanaman mulai dari pengolahan, penanaman sampai panen, Kamis (26/9/2019).

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini merupakan suatu wujud nyata peran Babinsa dalam tugas pendampingan guna mendukung dan mensukseskan program swasembada pangan untuk membantu masyarakat petani di desa agar dapat keluar dari himpitan ekonomi.

Sementara itu, Babinsa Koramil 04/Tiga Lingga, Sertu Muhsin Lingga mengadakan komunikasi sosial (Komsos) kepada pelajar di SMAN 1 Siempat Nempu Hulu di Desa Pangaribuan, Kecamatan Siempat Nempu Hulu, Kabupaten Dairi, Kamis (26/9/2019).

Di sekolah ini, Babinsa menyampaikan agar tetap semangat dalam menuntut ilmu, agar bisa menggapai cita-cita di masa yang akan datang. Selain itu, Babinsa juga mengimbau pelajar agar berhati-hati dalam berkendara.

Epan Sinaga, siswa SMAN 1 Siempat Nempu Hulu menyampaikan terimakasih atas apa yang disampaikan Babinsa. Dia pun memohon doa, karena memiliki cita-cita jadi seorang prajurit TNI.

Sedangkan pada, Jumat (27/9/2019), Kodim 0210/TU bersama instansi pemerintah di kabupaten Tapanuli Utara melaksanakan kegiatan karya bhakti di Pasar Tarutung.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT TNI Ke-74, yang tak lain tujuannya juga untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Karya bakti ini diikuti lebih dari 100 orang, baik dari TNI sebanyak 50 orang, Polri 20 orang, Dinas Lingkungan Hidup Taput 20 orang dan petugas pemadam kebakaran 10 orang.

Dalam sambutan Dandim 0210/TU Letkol Czi Roni Agus Widodo yang diwakili oleh Pasiter Kodim 0210/TU Kapten Inf Pandapotan Sitompul mengatakan

“Kegiatan karya bhakti ini dilaksanakan dalam rangka menyambut hari ulang tahun TNI ke-74 tahun 2019. Selain itu, bertujuan untuk selalu menciptakan lingkungan bersih dan asri, terutama di pusat pelayanan masyarakat yaitu Pasar, yang mana banyak sampah dibuang tidak pada tempatnya dan selokan aliran air juga tersumbat. Untuk itu kita bersama-sama menumbuh dan kembangkan semangat gotong royong yang diwariskan oleh nenek moyang kita untuk kepentingan bersama,” ungkapnya.

Selanjutnya, Babinsa Koramil 04/TL, Kodim 0206/Dairi, Serda Ganda Sihombing melaksanakan gotong-royong ‘Jumat Bersih, Jumat (27/9/2019) di Desa Gundaling, Kecamatan Gunung Setember, Kabupaten Dairi.

Pada kegiatan ini, para prajurit Koramil 04/TL bersama dengan masyarakat sekitar, melaksanakan kegiatan pembersihan lingkungan berupa, selokan yang penuh sampah, halaman rumah, dan sepanjang jalan di Desa Gundaling.

Tak hanya itu, dalam kegiatan jumat bersih, Babinsa Koramil 04/TL, juga kerap merangkainya dengan “Jumat Sehat”.

“Semua kegiatan di hari Jumat di daerah ini menjadi cerminan bahwa lingkungan yang bersih sangat menentukan pola hidup sehat di lingkungan masing-masing, sehingga akan menciptakan sikap yang sehat dalam hidup bermasyarakat,” ujar Camat Gunung Setember.

Sementara itu, Babinsa Koramil Ol/Sumbul, Kodim 0206/Dairi, Sertu J.Sinaga bersama Ketua OKP melaksanakan anjangsana di rumah salah satu tokoh pemuda, Sukarman(37) di Kelurahan Sumbul, Kecamatan Sumbul, Kabupaten Dairi, Jumat (27/9/2019).

Disamping melaksanakan anjangsana juga laksanakan giat patroli secara rutin bersama-sama dengan masyarakat untuk menciptakan situasi yang aman dan nyaman dalam kehidupan masyarakat.

Kegiatan patroli wilayah yang dilakukan oleh babinsa juga di manfaatkan untuk menjalin komunikasi dengan semua elmen masyarakat khususnya tokoh pemuda yang berpengaruh, sehingga terjalin hubungan yang harmonis antara babinsa, masyarakat serta pemuda warga binaannya.

Patroli di laksanakan pada malam hari atau jam-jam rawan dengan tujuan untuk meminimalisir tindakan atau gangguan ketertiban yang dapat mengganggu masyarakat. Selain itu patroli juga sebagai bentuk sinergitas antara masyarakat dengan babinsa dan pemuda di Kelurahan Sumbul Pega-gan.

Babinsa dan Tokoh pemuda selalu berupaya memotori dan memotifasi pemuda di desa agar ikut berperan aktif dalam menjaga keamanan lingkungan, salah satunya dengan mengaktifkan ronda malam dan poskamling.

Sukarman (37) salah satu tokoh pemuda di Kelurahan Sumbul menuturkan, kegiatan yang di lakukan oleh Sertu J. Sinaga dan tokoh pemuda dan Ketua OKP sangat positif dan memberikan inspirasi bagi mereka untuk lebih peduli dengan keamanan lingkungan.

Berbeda dengan Babinsa Koramil 07/Salak, Pld Safril Anggodo. Dia membantu warga Desa Namuseng, merehab rumah, Jumat (27/9/2019). “Gotong royong adalah tradisi masyarakat Indonesia,”ucap Pld Safril Anggodo.

Dia mengucapkan terimakasih kepada warga Desa Namuseng yang sudah bergotong royong untuk merehab rumah milik seorang ibu rumah tangga.

“Kita ketahui sendiri bahwa ibu Hosana Berutu adalah seorang janda tua. Jadi kitalah yang harus lebih peduli, karena secara fisik dan ekonomi, ibu kita ini tidak sanggup lagi. Jadi mari kita saling tolong menolong di dalam kehidupan kita sehari-hari, karena dengan gotong royong semua masalah atau pun pekerjaan dapat kita tuntaskan dengan baik, dan kita semua tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang sudah membantu ibu kita ini,” pungkasnya.

Hosana Berutu pun mengucapkan terimakasih atas kepedulian Babinsa, warga dan semua pihak yang turut membantu merehab rumahnya.

“Terimakasih kepada seluruh pihak yang sudah bergotong royong untuk merehab rumah kami ini. Semoga keiklasan bapak/ibu yang sudah berpartisipasi untuk merehab rumah kami ini mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan dan menjadi ladang pahala, karena saya sendiri tidak akan sanggup untuk merehab nya jadi layak huni, kalau tidak bantuan saudara-saudara. Dan untuk pak Babinsa terimakasih kami haturkan, karena sudah bersama warga di sini bergotong royong sampai rumah ini selesai. Kiranya kami sehat sehat untuk menempati rumah ini, Aminn..,” ucapnya lirih.

Dari Kota Sibolga, Jumat (27/9/2019) Danrem 023/KS, Kol Inf Tri saktiyono menerima kunjungan organisasi GMKI (Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia ) Kota Sibolga di Ruang Transit Makorem 023/KS, jalan Datuk Itam Sibolga.

Danrem 023/KS didampingi Dandim 0211/TT, Letkol Inf Dadang Alex, Kasiter 023/KS, Letkol Kav Setia Budi Nainggolan, Kasipers 023/KS, Letkol Caj Hariadi yang langsung menyapa dan salam salaman satu persatu anggota GMKI yang di ketuai Arwanto Laoli.

Dengan suasana santai, Arwanto Laoli, mengucapkan terimakasih kepada Danrem 023/KS yang telah menerima audensi para pengurus GMKI Sibolga.

Di kesempatan ini, Ketua GMKI, juga memperkenalkan kepengurusan yang baru, periode 2019-2021.

Ketua GMKI Sibolga dalam silaturahmi ini melaporkan kepada Danrem 023/KS bahwa dalam waktu dekat ini mereka akan melaksanakan kegiatan Maper (massa perkenal anggota baru) yang akan dilaksanakan di Bukit Jaitun Siborongborong pada 4 sampai 6 Oktober 2019.

Danrem 023/KS, Kol Inf Tri Saktiyono sangat mendukung kegiatan yang akan dilaksanakan GMKI. Danrem berharap, agar pengurus GMKI bersama anggota bisa bersikap dewasa, dan dapat mencermati perkembangan situasi yang saat ini lagi terjadi di Indonesia. (penrem023)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *