Bupati Tapteng Hadiri Penyerahan DIPA 2020 di KPPN Sibolga

  • Whatsapp
Foto: Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani hadiri penyerahan DIPA Petikan TA 2020 di KPPN Sibolga. (Istimewa)

SmartNews, Sibolga – Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani menghadiri penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Petikan Tahun Anggaran (TA) 2020 kepada KPA Satker 17 kementerian/lembaga di Sibolga dan Tapteng sekaligus penandatangan Pakta Integritas yang dilaksanakan di Aula Kantor Pelayanan Pemberdaharaan Negara (KPPN) Sibolga, Kamis (12/12/2019).

Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani diwakili Kepala KPPN Sibolga Isulinda Parangin-Angin, SE didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tapanuli Tengah (Kadis Kominfo Tapteng) Dedy Sudarman Pasaribu, SP menyerahkan DIPA Petikan TA 2020 kepada instansi kementerian/lembaga yang ada di lingkup Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), yang diterima oleh Polres Tapteng, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapteng, Pengadilan Agama Pandan, Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Tapteng, dan MAN Sorkam.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, S.Pi menyerahkan DIPA Petikan TA 2020 kepada instansi kementerian/lembaga yang ada di lingkup Kota Sibolga.

Kegiatan ini diawali dengan Sambutan Kepala KPPN Sibolga Isulinda Parangin-Angin, SE yang mengatakan, DIPA TA 2020 itu diserahkan kepada 17 kementerian/lembaga dan 51 Satuan Kerja (Satker) yang tersebar di Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

“DIPA merupakan dokumen APBN yang menjadi acuan bagi para Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) untuk melaksanakan program pembangunan mewujudkan visi dan misi Presiden Jokowi, yakni Indonesia Maju,” kata Kepala KPPN Sibolga Isulinda Parangin-Angin, SE.

APBN 2020 mempunyai peran strategis untuk mencapai sasaran pembangunan nasional secara bertahap. Bahkan, kebijakan fiskal 2020 ini mengusung tema APBN untuk akselerasi daya saing melalui inovasi dan penguatan kualitas sumber daya manusia. Inovasi dan penguatan kualitas sumber daya manusia menjadi kunci memacu perekonomian tumbuh lebih tinggi, menggairahkan investasi dan ekspor, serta mendorong daya saing nasional.

“Langkah tersebut harus dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat Indonesia yang adil dan makmur, serta merata,” ujarnya.

Untuk mencapai target pembangunan, memacu pertumbuhan ekonomi, pengurangan pengangguran dan kemiskinan, serta pemerataan pembangunan, diperlukan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan, terutama para KPA Satker dan Kepala Daerah.

Pemerintah telah menyiapkan 5 program prioritas kerja, pembangunan sumber daya manusia; pembangunan infrastuktur; penyederhanaan segala bentuk kendala regulasi; transformasi ekonomi; dan penyederhanaan birokrasi.

Program peningkatan SDM dan perlindungan sosial kepada masyarakat juga terus diperkuat dan dipertajam. Pemerataan pembangunan ke daerah juga ditingkatkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Insentif Daerah (DID), Dana Infrastruktur, dan Dana Desa.

Turut hadir pada acara ini, Danrem 023/KS, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani, Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, S.Pi,

Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani, Wakil Wali Kota Sibolga, Edi Polo Sitanggang, para Kuasa Pengguna Anggaran kementerian/lembaga dan Satker yang ada di wilayah Sibolga-Tapteng, dan undangan lainnya. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *