Wartawan Mitra Strategis Bank Indonesia

  • Whatsapp
Foto: Kepala KPw BI Sibolga, Suti Masniari Nasution Bersama Nasarumber di Acara Pelatihan Wartawan Ekonomi 2019, di Grand Mercure Jakarta Harmoni, di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta, Senin (16/12).

SmartNews, Jakarta – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sibolga, menggelar pelatihan wartawan ekonomi 2019, di Grand Mercure Jakarta Harmoni, di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta, Senin (16/12/2019).

Mengawali kegiatan ini, Kepala KPw BI Sibolga, Suti Masniari Nasution menyampaikan bahwa wartawan adalah mitra strategis Bank Indonesia untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya

Menurut Suti, tanpa tulisan wartawan, baik yang bertugas di media massa cetak maupun media elektronik, masyarakat tidak akan mengetahui kebijakan Bank Indonesia, dan masyarakat tidak dapat menangkap sinyal kebijakan tersebut dengan baik.

“Kami mengakui, media ikut berperan mengurangi beban BI untuk menyampaikan informasi, apa sebenarnya kebijakan yang diberikan BI kepada publik, terutama yang menyangkut tugas kami dalam bidang moneter dan menjaga stabilitas harga,” ujar Suti Masniari Nasution.

Lanjutnya, di era digital saat ini, bank sentral di beberapa negara, seperti Amerika dan lainnya, menyampaikan informasi kepada publik tidak lagi dengan cara yang kaku.

“Tentunya, BI juga melihat apa yang dilakukan negara lain, bagaimana di era digital ini, BI bisa menyampaikan informasi dengan benar dan tepat kepada publik. Untuk itu diperlukan keahlian atau pengalaman sehingga komunikasi kepada publik tidak salah,” sebut Suti.

Dia berharap, pelatihan wartawan 2019, dapat membawa manfaat, menambah pengetahuan dan wawasan, sehingga rekan wartawan dapat termotivasi dan bersemangat untuk meningkatkan kompetensinya.

“Seraplah ilmunya, meski kita tinggal di daerah, kita tinggal di kampung, tapi kita tidak kampungan. Kami berharap kompetensi wawasan didapat dengan mendengar sharing seperti ini,” tambahnya.

Foto: Kepala KPw BI Sibolga, Suti Masniari Nasution Menyampaikan Sambutan di Acara Pelatihan Wartawan Ekonomi 2019, di Grand Mercure Jakarta Harmoni, di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta, Senin (16/12).

Acara pelatihan ini, BI Sibolga menghadirkan dua narasumber berkompeten, yakni Kepala Divisi Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Irwan dan Managing Editor Media Indonesia, Teguh Nirwahyudi.

Irwan secara panjang lebar memaparkan materinya tentang kebanksentralan dan tugas-tugas Bank Indonesia.

Sementara itu, Teguh Nirwahyudi, menyampaikan tiga materi yang berkaitan dengan prinsip umum penulisan berita, teknik menulis berita ekonomi, teknik wawancara dan memilih narasumber. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *