7 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

  • Whatsapp
FOTO: Ilustrasi Lengkuas.

SmartNews, Tapanuli – Lengkuas termasuk bagian dari keluarga jahe yang dikenal karena kemampuannya untuk menyembuhkan sejumlah masalah kesehatan, tanpa efek samping apa pun.

Selain digunakan sebagai bumbu masakan Asia, lengkuas punya khasiat penyembuhan pencernaan dan mencegah timbulnya berbagai jenis kanker.

Bacaan Lainnya

Lalu, apa saja manfaat mengonsumsi lengkuas bagi kesehatan tubuh?  Berikut ulasannya seperti melansir dari laman Liputan6.com, Kamis (14/5/2020).

1. Meredakan Masalah Pencernaan

Lengkuas kaya akan serat makanan dan fitokimia yang membantu meningkatkan pencernaan. Ini membantu dalam mengelola masalah yang berhubungan dengan pencernaan, karena mengurangi sekresi asam saliva dan pencernaan.

Individu yang mengalami maag bisa menggunakan lengkuas untuk mendapatkan bantuan dari masalah terkait pencernaan.

Selain itu juga, bisa membantu pengidap anoreksia dan sakit perut.

Terlepas dari ini, lengkuas juga diklaim memiliki kemampuan untuk menyembuhkan limpa yang membesar dan aroma ramuan yang kuat bisa membantu dalam mengobati mual.

Efek karminatif lengkuas bisa membantu meringankan perut kembung. Salah satu manfaat lain yang berhubungan dengan pencernaan dari lengkuas adalah bisa digunakan sebagai obat untuk diare, karena efek antibakterinya.

2. Mengontrol Asma

Lengkuas memiliki kemampuan untuk mengobati masalah yang berkaitan dengan sistem pernapasanmu.

Efek antispasmodik yang dimiliki lengkuas bisa membantu mengurangi dahak, serta melebarkan bronkiolus untuk mengurangi kadar asma.

Demikian pula, sifat anti-inflamasi dari ramuan ini bermanfaat dalam mengendalikan serta menyembuhkan kondisi seperti asma dan sindrom gangguan pernapasan akut.

3. Mengurangi Lemak Darah dan Kolesterol

Flavonoid seperti kaempferol, quercetin dan galanin hadir dalam ramuan ajaib yang memainkan peran utama dalam menurunkan kadar kolesterolmu serta kadar lipid darah.

Ekstrak lengkuas dinyatakan memiliki kemampuan untuk melawan sintase asam lemak, sehingga mengurangi kadar kolesterol serta trigliserida.

4. Meningkatkan Kesuburan

Ramuan lengkuas memiliki kemampuan untuk meningkatkan jumlah sperma dan kesuburan pria. Penelitian mengatakan bahwa lengkuas bisa meningkatkan jumlah sperma serta motilitasnya.

Sebuah studi tahun 2014, yang dilakukan oleh Iranian Journal of Reproductive Medicine mengenai dampak ramuan pada kesuburan pria menyimpulkan bahwa penerapan ramuan meningkatkan jumlah sperma motil sebanyak tiga kali.

5. Meningkatkan Kekebalan

Karena menjadi antioksidan, ramuan ini memainkan peran penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Berbagai penelitian telah mengungkapkan bahwa ekstrak polisakarida yang ditemukan dalam ramuan ini memiliki kemampuan untuk merangsang efek pada sistem retikuloendotelial.

Akibatnya, jumlah sel limpa dan eksudat peritoneum meningkat, yang secara langsung bertanggung jawab untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ramuan ini bertindak sebagai unsur anti-HIV.

6. Mengurangi Demam

Antibakteri, serta antijamur yang dimiliki ramuan ini sangat berguna dalam mengurangi demam. Ini adalah obat rumah yang sangat efektif untuk demam dan pilek. Ramuan ini juga bermanfaat dalam meredakan batuk dan sakit tenggorokan.

7. Mengobati Mabuk Laut dan Mual di Pagi Hari

Mengunyah sepotong lengkuas segar memiliki manfaat luar biasa bagi tubuhmu. Salah satu manfaatnya adalah kemampuannya menyembuhkan mual di pagi hari dan mabuk laut.

Aroma khas dalam lengkuas juga membantu kondisi dengan menenangkan sarafmu. (snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *