Mencengangkan! Ini Khasiat Minum Jahe Campur Serai

  • Whatsapp
FOTO: Ilustrasi Jahe dan Serai. (Foto: Net)

SmartNews, Tapanuli – Alternatif yang sangat cocok untuk menjaga kesehatan tubuh adalah serai campur jahe.

Selain air rebusannya enak, akan tetapi ternyata juga bisa dikonsumsi kapan pun di rumah, karena untuk membuatnya pun sangatlah mudah.

Bacaan Lainnya

Sekadar untuk diketahui, batang serai adalah rempah umum dalam masakan Asia, dan biasanya juga bisa diseduh bersama dengan teh, lemon, atau jahe untuk mendapatkan minuman herbal yang menyehatkan.

Ternyata beberapa peneliti juga tertarik pada manfaat kesehatan dari mengonsumsi air rebusan serai dan jahe.

Kita ketahui, Jahe salah satu bumbu dapur yang terbukti menghambat pertumbuhan bakteri, jamur, dan virus tertentu.

Penelitian menemukan manfaat menjanjikan jahe untuk mengobati diabetes, obesitas, penyakit jantung, gangguan pernapasan, dan penyakit neurodegeneratif.

Sementara serai juga menunjukkan manfaat penting dalam perang melawan kanker, sebab, dalam penelitian menunjukkan bahwa minyak atsiri serai dan sitral (unsur aktif utama dalam serai) dapat membantu menekan kanker paru-paru sel kecil.

Ekstrak air rebusan serai bermanfaat sebagai obat anti-inflamasi dan diuretik, menenangkan sistem saraf pusat, dan membantu memperlancar pencernaan.

Dan secara tradisional, serai dan jahe seringkali dijodohkan untuk diseduh bersama, menghasilkan minuman herbal dengan kombinasi kebaikan yang lengkap.

Inilah beberapa manfaat air rebusan serai dan jahe yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Kaya Antioksidan

Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa serai mengandung antioksidan.

Dikatakan bahwa antioksidan bekerja dengan menghilangkan radikal bebas dalam tubuh. Dengan mengonsumsi makanan dan herbal yang kaya antioksidan secara teratur dapat menurunkan risiko terkena beberapa penyakit kronis.

Dalam sebuah penelitian lain menemukan, bahwa jahe juga ternyata memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan tanaman lain.

Meredakan Nyeri dan Sakit Kepala

Serai dan jahe juga dipercaya memiliki efek untuk meredakan rasa sakit. Minum air rebusan serai dan jahe juga mampu membantu meredakan nyeri seperti nyeri haid, nyeri sendi, nyeri otot, hingga sakit kepala.

Dalam sejumlah penelitian bahkan telah menemukan fakta bahwa jahe dapat mengurangi rasa sakit seperti obat-obatan yang mengandung asam mefenamat dan ibuprofen.

Turunkan Kolesterol

Dalam penelitian yang diterbitkan pada tahun 2011 dalam jurnal Food and Chemical Toxicology mengungkapkan, bahwa minyak atsiri dalam serai memiliki sifat anti-hiperlipidemik dan anti-hiperkolesterolemia yang mendukung kadar kolesterol sehat.

Serai juga dapat membantu mempertahankan kadar trigliserida yang sehat dan mengurangi LDL atau kolesterol jahat.

Mencegah Kanker

Serai diketahui dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker tanpa memengaruhi sel-sel tubuh yang sehat.

Penelitian terhadap aktivitas anti-kanker serai menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam pencegahan kanker kulit karena adanya senyawa kimia yang disebut citral.

Citral dalam serai dianggap memiliki kemampuan anti-kanker yang kuat terhadap beberapa garis sel kanker. Citral dapat menyebabkan kematian sel secara langsung atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Gingerol pada jahe juga telah diteliti dan diketahui memiliki sifat anti-kanker.

Air rebusan serai dan jahe terkadang digunakan sebagai terapi tambahan selama kemoterapi dan radiasi dengan bimbingan ahli onkologi.

Detoksifikasi Tubuh

Serai dapat membantu membersihkan dan membuang limbah beracun berbahaya dari tubuh, karena sifat diuretiknya.

Detoksifikasi membantu pengaturan berbagai organ tubuh termasuk hati dan ginjal, serta membantu menurunkan kadar asam urat.

Efek diuretik dari air rebusan serai dan jahe membantu meningkatkan kuantitas dan frekuensi buang air kecil, yang membantu menjaga kesehatan pencernaan dan detoksifikasi tubuh.

Air rebusan serai dan jahe juga bermanfaat untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

Mengurangi Peradangan

Serai dan jahe merupakan ramuan anti-inflamasi. Sebuah artikel yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food mencatat bahwa jahe memiliki sifat anti-inflamasi nonsteroid dan memiliki efek samping yang lebih sedikit.

Sedangkan dalam serai ditemukan senyawa yang disebut sitral, yang dapat menghambat pembentukan asam yang menyebabkan peradangan, sehingga, air rebusan serai dan jahe baik untuk dikonsumsi ketika Anda memiliki masalah tenggorokan dan saluran pernapasan.

Membantu mengatasi cemas

Aroma serai dipercaya mampu membantu mengurangi kecemasan dan stres. Jahe juga dapat meningkatkan mood dan menghilangkan stres.

Dengan mengonsumsi air rebusan serai dan jahe panas dapat membuat tubuh menjadi rileks dan segar.

Serai terdiri dari minyak esensial dan senyawa bermanfaat seperti neroli, citronellol, myrcene, dipentene, geraniol, dan metil heptenon.

Minyak serai telah banyak digunakan untuk aromaterapi karena efek terapeutiknya, yang membantu merevitalisasi tubuh. (Genpi.co_SmartNews)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *