Tiap Hari Minum Air Lemon, Ini yang Terjadi Pada Tubuh

  • Whatsapp
FOTO: Ilustrasi Air Lemon. (Foto: Net)

SmartNews, Tapanuli – Para pelaku hidup sehat akan rutin minum air lemon setiap hari. Kenapa?

Karena air putih yang dicampur dengan air lemon memiliki efek pada tubuh. Benarkah? Ini ulasannya.

Bacaan Lainnya

Dengan mengonsumsi minimal 3.7 liter air putih setiap hari, hal ini memang dianjurkan oleh dokter.

Memang bisa saja jumlah itu bertambah, tergantung aktivitas dan jenis kelaminnya, namun konsumsi air diperlukan untuk menghidrasi tubuh.

Belakangan pelaku hidup sehat memilih minum ‘infused water’. Air putih dicampur dengan irisan buah dan sayuran untuk mendapatkan manfaat lebih sehat. Termasuk air lemon, air putih diberi jus lemon dan irisan jeruk lemon.

Banyak dilakukan oleh orang dengan cara mudah membuat air lebih sehat ini, namun adakah efek atau manfaat jika orang minum air lemon setiap hari?

Sebagaimana melansir laman foodetikcom, Sabtu (25/7/2020), inilah beberapa manfaat pada tubuh jika minum air lemon tiap hari.

1.Mendapat asupan vitamin C

Jeruk lemon termasuk kelaompok jeruk yang terkenal akan kandungan vitamin C nya. Meskipun tak sebanyak jeruk kupas, kandungan vitamin C jeruk lemon cukup tinggi. Hanya dengan menambahkan 15 ml air jeruk lemon dalam air, kamu akan mendapat asupan 6 mg vitamin C.

Seperti diketahui vitamin C sangat baik untuk menambah daya tahan tubuh dan melindungi kerusakan sel dari radikal bebas. Vitamin C juga bisa menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung dan memperkecil risiko stroke.

Jus atau sari buah dari 1 buah jeruk lemon mengandung 19 ml vitamin C. Semantara asupan harian vitamin C yang dianjurkan pada orang dewasa, sekitar 65 mg – 90 mg. Ini berair jika menambahkan air jeruk dari 1 jeruk lemon dalam air minum akan mencukupi 20%-30% dari rekomendasi harian.

2. Enamel gigi tergerus

Makanan yang asam atau kecut bisa memnyebabkan erosi gigi. Rasa asam pada air lemon bisa merusak enamel, lapisan pelindung gigi. Faktanya rasa asam pada jus buah bersifat lebih erosif dari asam baterai. Karena enamel tidak mengalami regenerasi maka harus dirawat dengan baik.

Jika dilihat erosi pada enamel tidak kasat mata tetapi bisa dikenali dengan beberapa tanda. Misalnya, gigi sensitif, warnanya berubah hingga keropos atau patah. Degradasi enamel berkelanjutan menyebabkan gigi berlubang.

Hal ini bisa dicegah dengan rajin menggosok gigi, mengurangi konsumsi gula atau memakai sedotan saat minum minuman asam. Setelah minum air lemon sebaiknya minum air putih agar asam tidak menempel di gigi.

3.Berat badan turun

Ini kabar baik buat mereka yang menjaga berat badan. Sejak lama air lemon dikonsumsi sebagai minuman sehat penurun berat badan. Hal ini karena kandungan antioksidan polyphenol yang ada dalam jeruk lemon.

Peneliti membuktikan bahwa kandungan antioksidan itu bisa menurunkan berat badan tikus obesitas yang diberi asupan air lemon. Selain itu polyphenol membantu kurangi resistensi insulin dan menormalkan gula darah.

Pada tahun 2011 studi pada manusia membuktikan bahwa polyphenol berinteraksi dengan bakteri usus yang mendorong penurunan berat badan. Studi tahun 2015 menemukan juga polyphenol pada kunyit juga bisa menurunkan berat badan.

4.Risiko batu ginjal berkurang

Penyakit batu ginjal belakangan banyak diderita anak muda. Pola makan menjadi salah satu sebabnya. Meskipun 1 dari 10 orang punya peluang untuk mengalami batu ginjal dalam hidupnya, hal ini bisa dicegah.

Seperti mengonsumsi air lemon secara rutin. Jus jeruk lemon mengandung sitrat, yang mengurangi keasaman urine dan membantu memecahkan batu ginjal sebelum mengeras serta menimbulkan rasa sakit.

Minum cukup air putih bisa mencegah terbentuknya batu ginjal. Karenanya minum air lemon secara teratur bisa membuat tubuh terhidrasi, ginjal sehat sekaligus mencegah terbentuknya batu ginjal. (dtc_snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *