Rutin Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur, Ini 5 Manfaatnya

minum air putih
FOTO: Ilustrasi Minum Air Putih. (Foto: Pixabay)

SmartNews, Tapanuli – Kesehatan tubuh begitu sangat berharga. Sehingga banyak orang melakukan berbagai caraagar tubuh tetap segar, seperti berolahraga, dan lainnya.

Untuk diketahui bahwa tubuh manusia terdiri dari 70 persen air, sehingga minum air putih sangatlah penting untuk menjaga tubuh agar tetap segar.

Bacaan Lainnya

Dengan meminum air salah satu manfaatnya adalah menghilangkan dehidrasi. Dehidrasi jangka panjang dapat menyebabkan hipertensi, obesitas, batu ginjal, dan sinusitis.

Ketika perut dalam keadaan kosong saat pagi hari, memang perlu berhati-hati mengkonsumsi asupan pertama yang masuk ke dalam tubuh.

Hal ini karena mencegah terjadinya mual dan sakit perut. Akan tetapi dengan mengkonsumsi air putih saat perut dalam keadaan kosong justru memberikan banyak manfaat.

Ada 5 manfaat meminum air putih saat perut kosong, seperti melansir laman health.detik.com:

1. Untuk membersihkan racun di dalam tubuh

Ketika minum air, secara alami mendorong gerakan di usus. Di malam hari, tubuh bekerja secara otomatis dan membuang semua racun di dalam tubuh.

Minum air putih saat perut kosong di pagi hari, akan membuang racun berbahaya, membuat tubuh segar dan sehat.

Selain itu, minum banyak air dapat membantu meningkatkan produksi sel otot dan sel darah baru.

2. Untuk meningkatkan metabolisme

Dengan minum air putih saat perut kosong dapat meningkatkan metabolisme sebanyak 24 persen. Jadi sangat penting bagi Anda yang menjalani program diet karena meningkatkan metabolisme yang dapat membersihkan usus besar dan lebih mudah untuk menyerap nutrisi.

3. Untuk meredakan mulas dan gangguan pencernaan

Terjadinya gangguan pencernaan disebabkan oleh peningkatan keasaman di lambung. Dengan minum air putih saat perut kosong, keasaman ini didorong ke bawah dan diencerkan sehingga memberikan awal yang baik bagi perut saat sarapan.

4. Kulit berkilau

Dehidrasi menyebabkan keriput. Sebuah penelitian menemukan minum 500 ml air putih saat perut kosong meningkatkan aliran darah di kulit dan membuat kulit bersinar. Selain itu, minum lebih banyak air sepanjang hari berarti tubuh mengeluarkan racun yang akan membuat kulit lebih bercahaya.

5. Untuk mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih

Minum air putih setelah bangun tidur mengencerkan asam yang rentan terkena penyakit batu di ginjal.

Nah, semakin banyak air yang diminum, semakin Anda akan terlindungi dari berbagai jenis infeksi kandung kemih yang disebabkan oleh racun. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *