Mendagri Tito Karnavian Sarankan Masyarakat Kurangi Minum Es

  • Whatsapp
Mendagri Tito Karnavian. (FOTO: Dok_Istimewa)

SmartNews, Tapanuli – Pandemi Corona (Covid-19) belum diketahui pasti kapan berakhir. Karenanya masyarakat disarankan agar peduli terhadap kesehatan. Karenanya, Mendagri Tito Karnavian menganjurkan agar masyarakat tidak mengkonsumsi makanan dan minuman sembarangan.

“Kalau seandainya mau minum, mintalah minum yang panas, dan bersihkan bagian-bagian yang mungkin dipegang orang lain, seperti telinga cangkir, bawahnya cangkir semprot dulu, bersihkan dulu ya dengan sabun atau hand sanitizer, sehingga semua yang disentuh orang lain sudah clear, baru kita minum minuman panas, karena dengan air mendidih dia mati,” kata Tito Karnavian pada Rapat Koordinasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2020 di YouTube Kemendagri, Selasa (6/10/2020).

Bacaan Lainnya

Tito juga menganjurkan masyarakat tidak minum air dingin di tengah pandemi, karena bisa membuat virus dalam tubuh bertahan lama.

“Upayakan hindari betul minuman yang dingin, es-esan. Ingat, virus ini adalah virus berlemak, sifat lemak itu makin kuat di tempat yang dingin, dia akan mengeras. Upayakan hindari minuman dingin, minuman es, dan lain-lain, karena virus ini akan kuat di tempat dingin virus berlemak,” kata Tito.

Mantan Kapolri itu juga mengatakan bahwa selama Corona ini membuat kebijakan agar pegawai di Kemendagri tidak makan makanan dari luar. Seluruh pegawai Kemendagri diminta membawa bekal selama pandemi ini.

“Di Kemendagri saya sudah meminta salah satu kebijakan saya agar makan siang, minuman, bawa masing-masing. Jadi seperti kita sekolah dulu, pakai kotak plastik Tupperware itu bawa roti, atau bawa nasi sayur dan lain-lain dalam tempat yang sama, bawa sendok-garpu masing-masing yang dibawa dari rumah. Kalau saya, istri saya di rumah biasanya sudah siapkan dengan kantongnya. Khusus sendok-garpu buat saya sendiri, ajudan pun nggak boleh pegang, kemudian minuman bawa tempat minuman, mau tumbler atau botol, bawa sendiri taruh di ransel,” Tito menambahkan. (dtc)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *