BI Sibolga Siapkan 101 Titik Penukaran Uang Rp1,12 Triliun Jelang Lebaran 2021

  • Whatsapp
Kepala KPw BI Sibolga, Aswin Kosotali (kedua dari kanan) bersama Staf BI, Rahmat Hutagalung (Kasir),Saddam Husein Pasaribu (Kasir), Hafizh Arino (Kepala Seksi Kehumasan) ketika bincang-bincang dengan wartawan, Rabu (28/4/201)
Kepala KPw BI Sibolga, Aswin Kosotali (kedua dari kanan) bersama Staf BI, Rahmat Hutagalung (Kasir),Saddam Husein Pasaribu (Kasir), Hafizh Arino (Kepala Seksi Kehumasan) ketika bincang-bincang dengan wartawan, Rabu (28/4/201). (Foto: dok_snt)

SNT, Sibolga – Menghadapi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga menyiapkan uang kartal senilai Rp 1,12 triliun.

Demikian disampaikan Kepala KPw BI Sibolga, Aswin Kosotali dalam bincang-bincang dengan wartawan di Kantor BI Sibolga, Rabu (28/4/2021).

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Petani Kopi Madina Terima Bantuan Mesin dan Greenhouse dari BI Sibolga

Aswin mengatakan, jumlah uang yang disediakan tahun ini meningkat 20% jika dibandingkan dengan realisasi tahun lalu sebesar Rp 933 Miliar.

“Penyediaan kebutuhan uang tunai tersebut telah memperhatikan berbagai asumsi makroekonomi terkini dan kondisi terkait penyebaran pandemi Covid-19,” ungkap Aswin.

Baca Juga: BI Sibolga: Transaksi Nontunai dengan QRIS di Era New Normal untuk Pemulihan Ekonomi

Dia menjelaskan, Bank Indonesia tidak lagi mengadakan penukaran uang pecahan langsung ke masyarakat melalui mobil kas keliling. Hal itu karena pandemi Covid-19.

Meski demikian, lanjut Aswin, BI Sibolga akan terus berupaya memberikan layanan yang prima untuk memfasilitasi penukaran uang rupiah kepada masyarakat dalam jumlah yang cukup selama Ramadhan dan Idul Fitri.

Baca Juga: Pandemi Corona, BI Sibolga Ajak Warga Transaksi Nontunai

Dijelaskan, untuk lebih menjangkau masyarakat secara lebih luas, KPw BI Sibolga bersinergi dengan bank di seluruh wilayah kerja melalui pembukaan outlet layanan penukaran sebanyak 101 titik loket penukaran di bank umum.

“Selain itu, kita juga bekerjasama dengan Kantor Pos dan Pegadaian melayani penukaran untuk kebutuhan lebaran,” jelas Aswin, dan mengatakan jumlah penukaran uang pecahan tidak dibatasi.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Suka Berpura-pura Baik di Depan Orang Lain

Meskipun menyediakan kebutuhan uang tunai untuk menghadapi Lebaran, namun Bank Indonesia tetap mendorong masyarakat untuk bertransaksi secara nontunai melalui digital banking, uang elektronik, dan QR Code Indonesian Standard (QRIS). (ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *