Bupati Taput Siap Tawarkan Produk Pandai Besi di Siborongborong

  • Whatsapp
Bupati Taput Nikson Nababan
Bupati Taput Nikson Nababan.

SNT, Taput – Bupati Taput Nikson Nababan temui kelompok UMKM Pandai Besi Sitampurung di Kecamatan Siborongborong, Senin (10/5/2021).

Di sana, Bupati Nikson Nababan juga menyerahkan kelengkapan perijinan dalam kepengurusan akte notaris kelompok UMKM.

Bacaan Lainnya

“Setelah akte notaris kelompok kita fasilitasi, kita coba bentuk asosiasi di tingkat lebih tinggi lagi. Kita akan adakan mesin finishing alat-alat yang dihasilkan pandai besi ini lebih bagus, sehingga mampu bersaing lebih luas lagi. Juga sarana dan prasarana lainnya,” ujar Nikson.

Baca Juga: Usai Camat Ditegur Bobby, Sampah di Medan Dipindah ke Tepi Jalan

Menurutnya, ke depan perlu ada pelatihan bagi pelaku pandai besi ini untuk menghasilkan produk yang berkualitas.

“Saya berani tawarkan produk Sitampurung ini kemana saja asal kualitas terjamin bagus. Untuk akte notarisnya, minggu ini harus selesai,” jelasnya.

Baca Juga: Satika Simamora Bawa Dirjen IKMA Tampung Keluhan Pengrajin Pandai Besi Taput

Dalam kesempatan itu, Kadis Koperasi Herli Sinaga dan juga Kadis Perindag Taput, Gibson Siregar menyampaikan tentang pembentukan kelompok UMKM Pandai Besi sebanyak 4 (empat) kelompok, yakni Pandai Besi Rupma, Mentari Sitampurung, Manunggara, dan Kelompok Millenial. Ada 2 (dua) instansi yang menaungi kelompok UMKM ini.

Disampaikan, bahwa untuk keperluan akta notaris telah difasilitasi oleh Dinas Koperasi dalam pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB), Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) dan Ijin Lokasi.

Baca Juga: Lagi, Bupati Taput Terima Dukungan Pendirian Untara

Dalam laporannya, Camat Siborongborong Erwan Hutagalung menyampaikan bahwa masalah yang perlu dibenahi adalah kemampuan SDM untuk dilatih lebih baik, juga pemasaran sehingga mampu bersaing lebih luas lagi.

“Ada kurang lebih 10 kelompok Pandai Besi di Desa Sitampurung, tetapi saat ini yang sudah siap berkas ada 4 kelompok,” kata Erwan. (ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *