Mata Lelah Terlalu Lama di Depan Komputer? Begini Cara Menyegarkannya

Ilustrasi Mata Perih Lama di Depan Komputer. (Net)
Ilustrasi Mata Perih Lama di Depan Komputer. (Net)

SNT – Mata rentan sekali lelah kalau seseorang seharian harus menatap layar komputer, atau setelah seharian bekerja. Penyebabnya banyak sekali, mulai dari mata kering, kurang terhidrasi, alergi dan sebagainya.

Nah, agar bisa bekerja dengan optimal sepanjang hari, berikut adalah beberapa cara mengatasi mata lelah.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Seksinya Nora Alexandra Pakai Baju Renang

1.Beristirahatlah sejenak dari layar

Antara TV, komputer, tablet, dan smartphone, eksposur layar selalu tinggi, dan itu berdampak buruk pada mata. Untuk menghindari mata lelah, istirahatlah sebentar dan lebih lama dari komputer dan perangkat digital.

Direkomendasikan 20-20-20: Setiap 20 menit, menjauhlah dari layar, dan fokuskan pada objek yang berjarak 20 kaki selama 20 detik. Ini memberi otot-otot kecil di mata kesempatan untuk rileks sejenak.

Baca Juga: Bentrokan Terjadi di Toba Sumut

Alergen memicu pelepasan histamin dalam tubuh, yang menyebabkan pembuluh darah membesar dan mata serta hidung terasa gatal dan iritasi.

Alergi juga menyebabkan pembengkakan, yang membuat mata terlihat sembab dan lelah. Kalau alergi adalah penyebab mata lelah, minumlah antihistamin, baik yang dijual bebas atau dengan resep, untuk mengurangi bengkak, merah dan rasa gatal.

Baca Juga: Pevita Pearce Bikin Heboh Netizen

2.Jaga agar mata tetap terhidrasi

Mata yang lelah mungkin saja kering, dan ada beberapa hal mudah yang dapat dilakukan untuk menjaga agar mata tetap terhidrasi.

Mata kering dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk usia, obat-obatan tertentu, dan terlalu banyak menatap layar. Kalau mata lelah disebabkan oleh terlalu banyak waktu menatap perangkat digital, solusi sederhananya adalah sering berkedip atau menggunakan obat tetes mata dan lebih banyak minum air putih.

Baca Juga: Bupati Bakhtiar ke Kepala Sekolah: Jangan Ladeni Oknum yang Minta Uang

3.Oleskan kompres hangat dan dingin

Mata yang lelah sering kali dapat diredakan dengan kompres hangat dan dingin. Obat ini tidak hanya akan meningkatkan penampilan mata, tetapi juga terasa luar biasa yang memberi kesempatan untuk memanjakan diri.

Tempatkan kompres hangat di atas mata untuk mengendurkan otot mata. Kemudian letakkan kompres dingin untuk meningkatkan aliran darah ke mata . Ini mengurangi pembengkakan dan membuat mata lebih sehat.

Baca Juga: Hari Pertama Kerja, Bobby Kesal Temukan Loket Pelayanan di Kantor Disdukcapil Medan Masih Tutup

Kalau sudah melakukan beberapa tips di atas, namun mata lelah tidak dapat diatasi atau timbul masalah lainnya, sebaiknya segera periksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan medis. (Fimela)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *