Inspiratif! Anak Juru Parkir Raih Adhi Makayasa AAL

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono memberikan Adhi Makayasa pada putra Papua (dok. TNI AL)
Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono memberikan Adhi Makayasa pada putra Papua (dok. TNI AL)

SNT – Kisah inspiratif taruna berprestasi dari Sermatutar (P) Always Giving Hamonangan Tiris, S.Tr (Han).

Always mendapatkan penghargaan sebagai lulusan terbaik di Akademi Angkatan Laut (AAL), dan berhak meraih gelar Adhi Makayasa.

Bacaan Lainnya

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono pada upacara penutupan pendidikan (Tupdik) dan Wisuda Sarjana Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-66 di Gedung Maspardi, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya, Rabu (23/6/2021).

Baca Juga: Ada Evakuasi di Laut oleh Basarnas Nias dan Lanal Sibolga

Gelar Adhi Makayasa adalah gelar sebagai taruna berprestasi. Adhi Makayasa juga merupakan penghargaan kepada lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan Kepolisian.

Penghargaan ini diberikan kepada mereka yang secara seimbang dapat memperlihatkan prestasi terbaik dari tiga aspek. Ketiga aspek tersebut mencakup akademis, jasmani, dan kepribadian.

Laksamana TNI Yudo Margonopada mengatakan pelaksanaan upacara Tupdik merupakan penanda dimulainya babak baru dalam kehidupan perjalanan karir, dan pengabdian dari seorang taruna menjadi perwira.

Baca Juga: Tersangka Penembak Wartawan di Sumut Ditangkap

Perubahan tersebut disertai dengan tugas dan tanggung jawab yang bertambah terutama memasuki masa-masa awal penugasan di jajaran satuan operasi.

“Sebagai seorang perwira muda kalian harus mampu beradaptasi dengan lingkungan baru dan belajar untuk menerapkan semua bekal dan pengetahuan yang diterima di lembaga pendidikan dengan tepat dalam penugasan di lapangan, di antaranya sebagai Perwira Divisi KRI dan Komandan Peleton Batalyon Marinir,” kata Yudo seperti yang dikutip dari Instagram resmi TNI AL.

Baca Juga: Perkosa Remaja di Polsek, Briptu Nikmal Idwar Dipecat

Terkait Always, Kepala Dinas Penerangan TNI AL, Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono mengungkapkan taruna kelahiran Jayapura, 15 Maret 1999 ini berasal dari keluarga sederhana.

Ayahnya seorang juru parkir bernama Alex Tiris dan ibunya Dermawaty Panjaitan adalah seorang penjual minuman.

Always juga memiliki seorang kakak Letda Mar Aldrey Benhur Tiris yang juga merupakan lulusan Taruna AAL Angkatan ke-63 pada tahun 2018.

Baca Juga: Sepeda Anti Jatuh Bisa Jalan Sendiri, Bahkan saat Diam

Prestasi dari keluarga tersebut membuktikan siapa saja bisa menjadi prajurit TNI AL tanpa mengkhawatirkan biaya. “Always anak yang hebat, fisik dan wawasannya hebat,” ujar Julius, Jumat (25/6/2021).

Keberhasilan Always mendapatkan gelar Adhi Makayasa tentu tidak mudah. Perjuangan selama pendidikan termotivasi oleh orang tua yang selalu mendukung dan memberikan semangat.

“Tak hanya itu, Always juga termotivasi dari sang Kakak yang lebih dahulu menjadi seorang Taruna yang saat ini berdinas di Lanmar Sorong,” kata Julius.

Baca Juga: Tak Patuh Prokes, Warga di Tapsel Dipush-Up

Sementara Always menuturkan ingin menjadi seperti kakaknya yang pernah menjadi taruna AAL dan sekarang seorang perwira marinir TNI AL. Dia mengaku ingin dapat menjadi yang terbaik melebihi kakaknya.

“Keinginan kuat dan niat tinggi untuk menjadi Taruna membuat semua kegiatan di lembaga pendidikan dapat saya lakukan dengan baik dan menyenangkan,” kata taruna berprestasi peraih Adhi Makayasa itu. (dtc)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *