Bupati Bakhtiar Lantik Eks Ajudannya Jadi Sekda Tapteng

Bupati Tapteng melantik mantan ajudannya menjadi Sekda (Foto: dok. Istimewa)
Bupati Tapteng melantik mantan ajudannya menjadi Sekda (Foto: dok. Istimewa)

SNT, Tapteng – Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani melantik Yetty Sembiring sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapteng, menggantikan Hendri Susanto Lumban Tobing.

Pelantikan dilaksanakan di Gedung Serbaguna (GOR) Pandan, Jumat (6/8/2021).

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Basarnas Temukan Jasad Nelayan Bagan Pancang Tapteng

Pengambilan sumpah dan pelantikan Sekdakab Tapteng defenitif itu dilaksanakan berdasarkan Surat Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Nomor: B-2464-KASN-07/2021 tanggal 21 Juli 2021, Surat Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Nomor: 800/18907/BKD/III/3021 Tanggal 30 Juli 2021, dan Surat Keputusan Bupati Tapanuli Tengah Nomor: 1643/BPKSDM/2021.

Kepada Yetty Sembiring, Bakhtiar Sibarani berpesan agar dapat melaksanakan tugas, dan tanggung jawabnya dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga: Balap Liar di Sarudik Tapteng Bikin Warga Sulit Tidur

Bakhtiar juga meminta para pimpinan senior di lingkungan Pemkab Tapteng untuk mendukung dan membimbing Yetty Sembiring.

“Saya mengangkat saudari menjadi Sekda, karena saya yakin dan percaya, saudari dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab jabatan ini dengan sebaik-baiknya,” ujar Bakhtiar.

Untuk diketahui, Yetty Sembiring pernah menjadi ajudan (ADC) Bakhtiar saat mengawali kepemimpinan sebagai Bupati Tapanuli Tengah. Ajudan lain selain Yetty yakni Akhmad Syukri Nazry Penarik, dan Yessi Mayasari.

Baca Juga: Kasus Cabul, 2 Oknum Guru di Tapteng Dipecat

Seiring dengan berjalannya waktu, Bupati Bakhtiar memperjuangkan Akhmad Syukri Nazry Penarik menjadi Ketua DPRD Sibolga saat ini dan berhasil.

Sesudah itu, Bupati juga memberikan kepercayaan kepada Yessi Mayasari sebagai Kabag Umum Setdakab Tapteng.

Sementara itu untuk Yetty Sembiring, Bupati Bakhtiar memberikan kepercayaan menduduki jabatan sebagai Sekretaris BKD sekaligus Plt. Kepala BKD Tapteng. Lalu, selanjutnya dilantik menjadi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

Baca Juga: Mau Berbuat Dosa di Kamar Kedai, Pria Warga Tapteng Ini Disergap Polisi

Kemampuan Yetty pun terus mendapat penilaian dari Bupati Bakhtiar. Sehingga, tepat pada tanggal 16 April 2021 yang lalu, Bupati Bakhtiar memberikan kepercayaan kepada Yetty Sembiring menjadi Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah.

Hal ini sesuai dengan Perpres Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah, dan sudah mendapat persetujuan dari Gubernur Sumatera Utara.

Baca Juga: Cari Durian di Hutan Tengah Malam, Seorang Anak di Tapteng Hilang

Yetty Sembiring memulai karier pertamanya sebagai Pegawai Negeri Sipil sebagai staf di bagian kepegawaian Sekretariat Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah.

Setelah itu, Yetty ditempatkan menjadi Kasi Pemerintahan di Kelurahan Aek Tolang, dan akhirnya dipercaya menjabat sebagai Lurah Lubuk Tukko.

Jabatan lurah yang diemban Yetty menjadi sejarah baru, sebab jabatan itu menjadikan Yetty sebagai Lurah perempuan pertama di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Baca Juga: Rumah Warga di Tapteng Dilempar Batu dan Surat

Yetty Sembiring yang lahir di Kota Medan pada 28 Mei 1979 itu melanjutkan kariernya di Eselon IV, tepatnya di Dinas Pariwisata dan BKD Tapteng.

Wanita jebolan STPDN tahun 2001 yang juga merupakan lulusan terbaik dari Sumatera Utara serta peraih peringkat 11 se-Indonesia itu, menapaki kariernya sebagai pejabat Eselon III di Dinas Lingkungan Hidup.

Pada Dinas Lingkungan Hidup itu, ibu dua orang anak ini sangat tertantang menjadi Tim Program Adiwiyata Sekolah Peduli Lingkungan.

Baca Juga: Lagi, Pria Warga Barus Diamankan ke Polres Tapteng

Hasilnya, SMAN 1 Matauli Pandan berhasil mendapat penghargaan Adiwiyata Nasional dan bertemu dengan Presiden, berkat binaan Bapedalda Tapteng saat itu.

Sejak kepemimpinan Bakhtiar Ahmad Sibarani menjadi Bupati Tapanuli Tengah, tepatnya pada bulan Mei Tahun 2017 yang lalu, menjadi sejarah karier yang cemerlang bagi Yetty Sembiring.

Wanita yang menikah tahun 2004 ini pun dipercaya Bupati Bakhtiar sebagai Ajudannya (ADC) dan menduduki jabatan sebagai salah satu Kepala Bidang.

Baca Juga: Polisi Amankan Diduga Pembuang Orok di Tapteng

Kemampuan Yetty dalam bekerja terus mendapat penilaian dari Bupati. Akhir tahun 2017, Yetty kembali dipercaya menjadi Sekretaris BKD sekaligus menduduki jabatan Plt BKD.

Kemudian Yetty pun mengikuti seleksi terbuka dan dinyatakan lulus seleksi serta diangkat menjadi kepala BKD defenitif pada tahun 2018.

Setelah 2 tahun, dilakukan job fit uji kompetensi, lagi-lagi Yetty dipercaya Bupati menjadi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tapanuli Tengah.

Baca Juga: Mengenal Sosok Yetty Sembiring, dari Lurah, Ajudan Bupati Hingga Menjabat Sekda Tapteng

Ternyata, karier cemerlang Yetty tidak terlepas karena selalu berpedoman dengan kata-kata bijak yang disampaikan Bupati Bakhtiar. Di mana Bupati selalu menyampaikan, agar pekerjaan itu harus dilakukan dengan ikhlas.

“Bekerjalah seolah-olah kamu tidak butuh uang, cintailah sesuatu seolah-olah tidak tersakiti, dan menarilah seolah-olah tidak ada yang melihatmu,”. Itulah kata-kata bijak yang selalu disampaikan Bupati Bakhtiar kepadanya.

Baca Juga: Ini Tulisan di Surat yang Dilempar OTK ke Rumah Warga di Tapteng

Dari pengalaman Yetty sebagai ADC, dia banyak mendapat ilmu. Di mana selalu saling mengingatkan untuk hal yang baik layaknya seperti keluarga menjadi cerminan yang diajarkan Bupati.

Itulah yang menjadikan Yetty semangat dalam menjalankan tugasnya. Dan Yetty pun tidak pernah terpikir akan mendapatkan jabatan dan kepercayaan menjadi Sekda Tapteng.

“Tak pernah terbayang, tapi Pak Bupati selalu memberikan semangat dan motivasi untuk bisa lebih baik. Pokoknya pak Bupati memberikan motivasi untuk menunjukkan kinerja dengan baik,” ungkap Yetty.

Baca Juga: Bupati Bakhtiar Lantik Yetty Sembiring Jadi Pj Sekda Tapteng

Dia pun mengakui, bawa stressing (penekanan) yang yang diberikan pimpinan untuk belajar cepat dan tepat, menjadi kebiasaan mereka sewaktu menjadi ajudan (ADC).

Wanita berhijab ini pun tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakil Bupati Darwin Sitompul, atas kepercayaan yang diberikan. Ditegaskannya, kepercayaan yang diberikan akan selalu dijaganya dengan sebaik-baiknya. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *