Kapolres Sibolga Pimpin Rakor Rencana Pembentukan PKS, Guru dan Pelajar Wajib Tahu!

  • Whatsapp
Foto: Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja Pimpin Rakor Pembentukan Patroli Kesehatan Sekolah di Aula Wira Pratama Polres Sibolga. (Istimewa)

SNT – Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja pimpin rapat koordinasi (rakor) rencana pembentukan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) di Kota Sibolga, Sumatra Utara.

Taryono Raharja menjelaskan PKS penting dibentuk untuk menjaga protokol kesehatan (prokes) para siswa/i di seluruh sekolah yang ada di Kota Sibolga.

Bacaan Lainnya

Rakor dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kota Sibolga, Masnot Hasibuan dan instansi terkait serta pejabat utama Polres Sibolga.

“Kita harapkan ke depan PKS ini tampil sebagai pelopor dalam pendisiplinan prokes di lingkungan sekolah,” kata Taryono.

Kepada unsur tenaga pendidik, Taryono juga menyampaikan agar menjadi tauladan dengan melaksanakan vaksin agar para peserta didik dapat divaksin saat mengikuti belajar tatap muka.

“Tentu menjadi kewajiban bersama untuk mengingatkan semua pihak agar kondisi level 1 tidak disambut dengan euphoria yang berlebihan, justru pendisiplinan prokes harus lebih diperketat,” jelasnya.

Maka dari itu lanjut Kapolres, diperlukan kolaborasi dari seluruh unsur pendidik, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan Polres Sibolga dalam membentuk Petugas Patroli Kesehatan di seluruh sekolah di Kota Sibolga.

Dijelaskan lebih lanjut, nantinya Petugas Patroli Kesehatan akan dilakukan pelantikan.

“Saya juga mengimbau seluruh tenaga pendidik untuk selalu mengingatkan siswa agar melaksanakan prokes yang ketat, bila disiplin prokes menurun, Polres Sibolga sudah berkoordinasi dengan Satpol PP akan melaksanaan operasi kasih sayang. Bila ditemukan ada siswa yang mash berkeliaran di luar jam sekolah dan tidak mematuhi prokes, kita akan bawa pelajar tersebut untuk selanjutnya menghadirkan orang tua dan tenaga pendidik guna memberikan pencerahan terkait penerapan protokol kesehatan,” tegas Kapolres.

Kadis Pendidikan menyambut baik gagasan ini. Masnot mengapresiasi Polres Sibolga dan jajaran yang selama ini sudah bekerja keras dan terus memotivasi ide ide brilian dalam mengkonsep dan telah melakukan berbagai upaya penanganan Covid-19 di wilayah Kota Sibolga.

Masnot mengharapkan seluruh tenaga pendidik agar mencermati dan harus bersungguh sungguh memberikan pencerahan dan edukasi secara intens kepada siswa peserta didik agar semakin disiplin dalam menerapkan prokes di lingkungan sekolah.

Dalam rakor ini, mewakili Kadis Kesehatan Kota Sibolga, Firmansyah Hulu juga mengapresiasi rencana pembentukan PKS ini.

Dijelaskan, bahwa Dinas Kesehatan Kota Sibolga selama ini juga sudah melaksanakan monitoring di sekolah-sekolah yang ada di Kota Sibolga untuk mengevaluasi penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah terkait menegakkan disiplin prokes.

Dinas Kesehatan Kota Sibolga juga menyatakan tetap mendukung Polres Sibolga dan jajaran dalam melaksanakan pembentukan Patroli Kesehatan Sekolah di Kota Sibolga. (snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *