Pantau Pilkades Serentak di Taput, Kapolda Sumut: Jangan Berantam Ya Lae!

Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak (kanan) saat meninjau Pilkades serentak di Taput
Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak (kanan) saat meninjau Pilkades serentak di Taput

SNT – Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak turun memantau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut), Selasa (23/11/2021).

Panca Putra Simanjuntak ingin memastikan jalannya pelaksanaan Pilkades serentak di 200 desa di Taput berlangsung aman dan tertib. Di sana, sejumlah Tempat Temungutan Suara (TPS) dikunjungi oleh orang nomor satu di Polda Sumut itu.

Bacaan Lainnya

Panca juga minta masyarakat pendukung para calon kepala desa agar tetap menjaga kekondusifan.

“Para pendukung calon kepala desa jangan sampai berantam ya lae. Karena saya yakin kalian semua masih ada hubungan kekerabatan,” kata Panca kepada sejumlah saksi calon kepala desa yang ditemui di lokasi TPS IV, Desa Pansurnapitu, Kecamatan Siatas Barita, Taput.

Kapolda menekankan pentingnya menciptakan suasana aman dan tertib di tengah pelaksanaan pilkades yang saat ini sedang berlangsung. “Pilkades ini perlu disukseskan seluruh masyarakat, supaya terpilih kades yang mampu mewakili seluruh masyarakat. Siapapun pemenangnya tidak perlu bereuforia yang berlebihan,” katanya.

Dalam kondisi Pandemi Covid-19 saat ini, Panca Simanjuntak juga minta pendukung dan kades terpilih tidak menggelar kegiatan euforia yang bisa menimbulkan kerumunan tak terkendali.

Kapolda juga memastikan selama berlangsungnya pilkades tetap mematuki protokol kesehatan. “Tadi saya juga sudah cek soal penerapan protokol kesehatan, semuanya dilaksanakan. Meski Covid-19 sudah agak menurun, tidak perlu euforia,” pintanya.

Terkait penambahan jumlah personel yang diterjunkan dari sebelumnya sebanyak 344 orang menjadi 944 personil dari BKO Poldasu, dan Brimob untuk pengamanan Pilkades serentak di Taput, Kapolda Sumut mengatakan hal tersebut merupakan penilaian atas aspek pengamanan, sehingga empat personel kepolisian bersama TNI dan Satpol PP disiagakan mengamankan kondisi di setiap desa.

“Sebenarnya bukan penambahan, itu strategi polisi bersama TNI. Bagaimana masyarakat itu bebas dan siap untuk mengikuti pelaksanaan pilkades,” jelas Panca.

Dalam pantauannya, Kapolda Sumut mengungkapkan hingga saat ini pelaksanaan Pilkades serentak di Taput berlangsung aman dan tertib.

Sebelumnya, Kapolres Taput AKBP Ronald Sipayung kepada wartawan menjelaskan, dari 200 desa yang mengikuti pilkades, ada 15 desa yang sangat rawan. Hal itu setelah melihat kondisi dan suhu politik serta letak geografis desa tersebut yang jauh dari kecamatan dan sulitnya transportasi. (ts)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *