‘Bersih-bersih’ Jelang HBP Ke-58, Kamar Hunian WBP Rutan Tanjung Pura Digeledah

WhatsApp Image 2022 04 21 at 10.10.43

SNT – Dalam rangka menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) Ke-58 dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Tanjung Pura, Langkat bersama TNI-Polri merazia kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Kamis (21/4/2022) malam.

Kepala Rutan Kelas IIB Tanjung Pura, Rian Firmansyah memimpin jalannya razia gabungan bersama aparat penegak hukum. “Dalam kegiatan ini kami berkordinasi dengan Danramil Tanjung Pura, Pelda Asrul Muhammad dan Kapolsek Tanjung Pura, AKP. Surahman dalam pelaksanaan di lapangan,” kata Rian.

Bacaan Lainnya

Rian menyebutkan, razia bersama TNI dan Polri ini menjadi bagian dari implementasi komitmen jajaran memberantas peredaran barang terlarang di dalam areal Rutan.

“Jadi kegiatan bersama ini sekaligus menjadi bukti nyata kami dalam melaksanakan tugas dengan tetap berpedoman pada 3+1 ‘Back to Basic’ Pemasyarakatan,” ungkapnya.

Menurutnya, pedoman 3+1 “Back to Basics Pemasyarakatan” merupakan jargon yang digaungkan Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI, Reynhard Silitonga.

Rian menjelaskan, dalam kegiatan ini tetap memperhatikan Protokol Kesehatan dan dalam menindak lanjuti surat edaran Direktorat Pemasyarakatan, tentang peningkatan kewaspadaan selama Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H serta surat Sekertaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan tentang kegiatan menyongsong HBP ke-58.

WhatsApp Image 2022 04 21 at 10.10.41

“Razia gabungan ini difokuskan untuk barang-barang yang dapat menggangu keamanan dan ketertiban di dalam dalam Rutan,” ujar Rian.

Dia mengungkapkan, dalam razia ini dilaksanakan sesuai dengan SOP yang berlaku dan tetap menjunjung rasa kemanusiaan.

Untuk diketahui, dalam penggeledahan ditemukan barang yang dapat mengakitbatkan gangguan keamanan dan ketertiban, yakni handphone, sendok besi, silet, mancis dan kartu remi. Selanjutnya dimusnahkan oleh Karutan bersama aparat TNI-Polri.

“Kita mengapresiasi personel TNI dan Polri yang hadir, ini merupakan salah satu bentuk sinergi nyata antara pemasyarakatan dengan TNI-Polri,” pungkasnya. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *