Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Gempa Taput Ditelantarkan? Ini Faktanya

Foto: Dok.Istimewa

SNT, TAPUT – Viral tumpukan bantuan material bangunan untuk korban gempa di Gedung Nasional Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatra Utara, diduga tidak disalurkan sebulan pasca gempa.

Informasi ini diketahui melalui unggahan netizen akun Facebook @Alain Delon. “Tak diserahkan kepada masyarakat, bantuan korban kemanusiaan korban gempa Taput ditelantarkan di gedung nasional Tarutung padahal sebulan sudah gempa berlalu. Saat warga mendesak agar bantuan diberikan, malah salah seorang kadis tantang si warga,” tulis Alain dikutip, Kamis (3/11/2022).

Bacaan Lainnya

Tak sedikit netizen khususnya warga Kabupaten Tapanuli Utara prihatin setelah mengetahui hal tersebut.

Waduhh…..Jika itu memang betul Betapa Bobroknya Sistem pemerintahan di kabupaten . Sanggup menari nari diatas Penderitaan Orang Lain. Orang yang lebih berhak lah yg seharusnya menerima yakni korban terdampak Gempa. Sudah tidak takut dgn Hukum di Negara apalagi Hukuman Kutuk keturunan. Menghalalkan segala Cara,” mengutip komentar akun Benhard Charles Tobing di kolom komentar.

Di lihat dalam unggahan tersebut, ada ratusan zak semen menumpuk tersusun di dalam Gedung Nasional Tarutung. Ada juga material kayu dan lainnya, termasuk ribuan batu bata di dalam dan luar gedung.

Foto:Dok.Istimewa

Menanggapi hal itu, Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan yang dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp mengatakan akan mengecek kebenarannya. “Kita cek,” jawab Nikson Nababan singkat.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Taput, Bonggas Pasaribu membantah bahwa bantuan untuk korban gempa itu ditelantarkan. “Bantuan itu baru datang, bukan ditelantarkan, dan segera didistribusikan,” tukasnya.

Untuk diingat kembali, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara diguncang gempa berkekuatan magnitudo 5,8 pada 1 Oktober 2022 lalu, ribuan rumah warga, tempat ibadah, kantor pemerintah serta fasilitas umum lainnya rusak parah, sedang dan rusak ringan. (SNT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *