AKBP Taryono: Ramadan Tanpa Kebisingan Knalpot Brong di Sibolga

knalpot brong 1
Sat Lantas Polres Sibolga menjaring pengendara yang mengguakan knalpot brong.

SIBOLGA – Polres Sibolga melalui Operasi Keselamatan Toba 2023 secara rutin terus menertibkan kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot brong di Kota Sibolga. Petugas juga memastikan agar pengendara selalu mematuhi aturan berlalu lintas di jalan.

Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja kembali mengimbau para pengendara motor agar menggunakan knalpot standart.

Bacaan Lainnya

“Karena kebisingan dari knalpot brong sangat mengganggu kenyamanan orang-orang di sekitar dan juga dapat menyebabkan masalah kesehatan,” jelasnya, Jumat 17/3/2023).

“Selain itu penggunaan knalpot brong juga berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas, karena suara bisingnya dapat mengalihkan perhatian pengendara lain karena suaranya yang bising,” ungkap AKBP Taryono.

Kapolres menjelaskan, sesuai Pasal 106 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009, Tentang LLAJ, pelanggar akan dikenakan Pasal 285 ayat (1), setiap orang yang mengemudikan motor di jalan tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) Juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3), dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.

“Untuk mengatasi masalah ini, Polres Sibolga akan melakukan pemeriksaan kendaraan yang melintas pada jalan-jalan di Kota Sibolga. Jika ada ditemukan kendaraan roda dua menggunakan knalpot brong, Polisi akan menyita knalpot tersebut dan pemilik kendaraan wajib menggantinya dengan knalpot yang standart dan memberikan sanksi yang sesuai kepada pemilik kendaraan tersebut,” tegas Taryono.

Kapolres Sibolga juga mengimbau masyarakat untuk bekerjasama dalam menjaga keselamatan di jalan-jalan serta mematuhi peraturan berlalu lintas.

“Utamakan keselamatan dari pada Kecepatan. Bahwa kepatuhan terhadap aturan keselamatan jalan raya sangat penting untuk mencegah kecelakaan lalulintas dan menjaga kamseltibcarlantas di wilayah Kota Sibolga. Berapa hari lagi kita menyambut bulan suci Ramadan, hendaknya kita saat melaksanakan Sholat Taraweh tidak ada lagi mendengar suara knalpot brong yg melintas, sehingga kita bisa melaksanakan ibadah dengan khusuk,” ujarnya.

Polres Sibolga akan terus memantau jalan-jalan di kota untuk memastikan keselamatan semua pengguna jalan,” AKBP Taryono menambahkan. (ril/ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *