Satpol PP dan Linmas Dilatih Pengamanan Pilkada

  • Whatsapp
Ket. Gambar : Dari Kiri ke Kanan, Kasatpol PP Kota Padangsidimpuan, Asisten I Bagian Pemerintahan Iswan Nagabe Lubis, Wakapolres Padangsidimpuan Kompol JW Sijabat dan ketua KPUD Padangsidimpuan Arbanur Rasyid saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada pembukaan acara pelatihan. Senin 23 April 2018. FOTO: RMS/Smart News Tapanuli.

Padangsidimpuan – Jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Linmas (Perlindungan Masyarakat) Pemerintah Kota Padangsidimpuan melakukan diklat (pendidikan dan pelatihan) pemantapan pengamanan menghadapi Pilkada Serentak 2018, Senin-Selasa (23-24/4/2018). Kegiatan yang digelar di Aula SMK Negeri 1 Sadabuan ini untuk membentuk profesionalisme.

Kasatpol PP Kota Padangsidimpuan Arbiuddin Harahap selaku ketua panitia kegiatan menyampaikan diklat bertemakan ‘Menciptakan Aparatur Satpol PP dan Linmas Kota Padangsidimpuan yang Profesional Dalam Melaksanakan Tugas. Peserta melibatkan 417 orang, terdiri dari 150 anggota personel satpol PP dan 267 anggota linmas lingkungan maupun dusun dari 6 kecamatan yang ada.

Bacaan Lainnya

“Seluruh peserta ‘digembleng’ dalam 2 hari pelatihan ini,” jelas Arbi.

Sedangkan dasar pelaksanaan kegiatan ini antara lain PP Nomor 06 tahun 2010 tentang Satpol PP, dan Permendagri Nomor 10 tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat dalam Penanganan Ketentraman, Ketertiban dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum, serta Perda Kota Padangsidimpuan Nomor 05 tahun 2016 tentang Pembentukan Perangkat Daerah.

Di kesempatan itu, Pj Wali Kota Padangsidimpuan Sarmadan Hasibuan melalui Asisten I Iswan Nagabe Lubis menyampaikan, TNI, Polri, satpol PP, linmas sebagai ujung tombak di bidang pengamanan, harus melakukan deteksi dini agar jangan sampai berkembang di lingkungan masyarakat.

“Sehingga tidak menjadi penyebab terjadinya konflik,” katanya.

Pelatihan dilaksanakan 2 tahap, yakni pelatihan materi oleh pemateri dari unsur pemerintah daerah, KPUD, Polres dan TNI. Kemudian pelatihan fisik pada di Stadion HM Noerdin Padangsidimpuan oleh instruktur terlatih dari TNI dan Polri.

Turut hadir, Wakapolres Padangsidimpuan Kompol JW Sijabat dan Ketua KPUD Padangsidimpuan Arbanur Rasyid. (RMS/snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *